PSGA UIN Ar-Raniry Anugerahkan Gender Champion Bagi Pelaku PUG

oleh -121 views
anugerah gender champion 2020
Ketua DW UIN Ar Raniry, Cut Megawati menyerahkan piagam penghargaan kepada Rasyidah sebagai pemenang I Anugerah Gender Champion Ar-Raniry 2020, Selasa, 30 Juni 2020. (BASAJAN.NET/NAT RIWAT).

BASAJAN.NET, Banda Aceh- Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, menganugerahkan Gender Champion kepada sejumlah orang yang peduli terhadap perkembangan dan kemajuan pengarusutamaan gender (PUG) di kampus tersebut.

Ketua PSGA UIN Ar-Raniry, Nashriyah mengatakan, penganugerahan Gender Champion dalam rangka memperingati hari jadi PSGA ke tujuh. PSGA UIN Ar-Raniry yang didirikan pada Juni 2013, telah melaksanakan berbagai kegiatan mulai dari sosialisasi, diseminasi dan publikasi, capacity building dan pengabdian kepada masyarakat, serta berbagai kegiatan lainnya.

Loading...

Nashriyah menyampaikan, dalam kurun waktu tujuh tahun, PSGA UIN Ar-Raniry juga telah mengukir berbagai prestasi. Diantaranya, Jurnal Gender Equality: International Journal Child and Gender Studies, telah mendapat pengakuan akreditasi nasional Sinta empat.

“PSGA Ar-Raniry juga terpilih menjadi ketua presidium jejaring PSGA/PSG/PSW se-Aceh,” papar Nashriyah, Selasa, 30 Juni 2020.

Ia mengatakan, selama tujuh tahun, PSGA Ar-Raniry telah melakukan kerjasama dengan berbagai pihak dalam menjalankan rangkaian kegiatan. Baik internal maupun eksternal kampus.

“Hingga saat ini telah menjadi mitra kerja yang baik dalam melaksanakan berbagai kegiatan,” ujarnya.

Nashriyah mengatakan, momentum ulang tahun ke tujuh, PSGA Ar-Raniry memberikan apresiasi Gender Champion UIN Ar-Raniry 2020, kepada para mitra dan orang-orang yang telah berkontribusi dan peduli akan perkembangan dan kemajuan PUG di kampus dan masyarakat.

Ia menyebutkan, pemilihan Gender Champion dilakukan dengan beberapa tahapan. Mulai dari penjaringan kandidat, dengan menyebarkan info ke grup Whatsapp. Para kandidat kemudian diseleksi secara kualitatif terkait kontribusinya, hingga terpilih 30 kandidat.

Tahap berikutnya, dilakukan seleksi kualitatif dengan menggunakan rubrik, hingga menyisakan 20 kandidat. Tahap terakhir, dilakukan survey terbuka menggunakan google form. Pada tahap ini, setiap pemilih dapat memilih 10 dari 20 kandidat yang telah ditetapkan sebelumnya.

“Penghargaan diberikan kepada tiga pemenang yang terbanyak pemilihnya,” sebut Nashriyah.

Sementara indikator penilaian, lanjut Nashriyah, ada lima kriteria yang ditetapkan PSGA Ar-Raniry. Pertama, kualitas diri terkait dengan kepribadian. Kedua, kontribusi terkait PUG, baik di kampus maupun bersama masyarakat. Ketiga, perspektif gender. Keempat kapasitas di bidang gender, baik sebagai narasumber, kontributor atau peserta. Kelima, karya tulis ilmiah.

Adapun nama-nama yang mendapatkan Anugerah Gender Champion Ar-Raniry 2020, yaitu Rasyidah, dengan 182 pemilih atau 44 persen suara. Alyasa’ Abubakar, dengan 174 pemilih atau 42 persen suara dan Agustin Hanafi, dengan perolehan 157 pemilih atau 37,9 persen suara. Kepada mereka diberikan piagam penghargaan dan bingkisan menarik.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan UIN Ar-Raniry, Gunawan Adnan, mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan PSGA dan berharap menjadi agenda tahunan.

“Selain dapat memberikan pengahargaan kepada orang-orang yang telah bekontribusi kepada PUG, juga dapat mendorong semangat civitas akademika di UIN Ar-Raniry untuk melakukan hal serupa,” ujarnya.[]

 

EDITOR: JUNAIDI MULIENG

 

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *