Aceh Miliki 325.092 UMKM

oleh -24 views
Ilustrasi Foto: UMKM. [ayoberita.com]

BASAJAN.NET, Banda Aceh- Saat ini Aceh memiliki 325.092 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang dibina oleh Pemerintah Aceh bersama pemerintah kabupaten/kota melalui Dinas Koperasi dan UKM.

“Dalam dua tahun terakhir, Pemerintah Aceh telah berhasil mendorong percepatan pencairan dana desa tepat waktu pada bulan Januari,” ungkap Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh Taqwallah, Selasa, 16 November 2021.

Hal itu disampaikan Taqwallah dalam laporannya kepada Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin, terkait realisasi dana desa dan perkembangan UMKM di Aceh, dalam Rapat Koordinasi pemberdayaan ekonomi masyarakat dan pelayanan publik bersama Forkopimda Aceh dan bupati/wali kota se-Aceh di Gedung Serbaguna Kantor Gubernur Aceh.

Taqwallah mengatakan, tahun 2020, alokasi dana desa sebesar Rp.4,98 triliun untuk 6.497 desa. Sudah terealisasi 89 persen per 15 November 2021. Diharapkan, pencairan perdana tahap I tahun 2022 sebelum 10 Januari.

Sementara pada tahun 2020, telah dialokasikan penyertaan modal dari dana desa sebesar Rp.896 miliar lebih untuk 6.246 BUMG, dalam rangka pemberdayaan ekonomi di desa.

Ia menyebutkan, bentuk dukungan yang diberikan pemerintah daerah kepada pelaku UMKM, yaitu Pemerintah Aceh telah mengeluarkan Peraturan Gubernur Tentang Pengembangan Kewirausahaan Terpadu (PKT) dan Surat Edaran Tentang Prioritas Penggunaan Produk UMKM di Aceh.  

Selain itu, juga memberikan pembinaan terhadap pelaku usaha UMKM melalui tujuh jenis pelatihan dan sembilan jenis pendampingan, stimulus, kemitraan dengan berbagai pihak.

“Juga digitalisasi 1.150 UMKM dalam pelaporan keuangannya,” terang Taqwallah.[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.