Aceh Barat Targetkan Rp4,6 Miliar Dana CSR

oleh -1.144 views
CSR 1 1 1

BASAJAN.NET, Meulaboh- Pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Barat menargetkan dana Coorporate Social Responsibility (CSR), tahun 2017, sebesar Rp4,6 Miliar. Dana tersebut bersumber dari sejumlah perusahaan yang beroperasi di wilayah itu.

Demikian pernyataan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Aceh Barat, Teuku Ahmad Dadek, dalam siaran pers yang dikirim ke redaksi Basajan, Kamis, 16 Maret 2017.

Loading...

Menurut Ahmad Dadek, saat ini ada 15 perusahaan yang telah menandatangi kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Aceh Barat.

Perusahan tersebut adalah PT. Karya Tanah Subur, PT. Agro Sinergi Nusantara, PT. Prima Agra Aceh Lestari, PT. Potensi Bumi Sakti, PT. Indonesia Pacific Energy, PT. Betami,PT. Mifa Bersaudara, PT. Aceh Hydropower, PT. Agrabudi Jasa Bersama, PT. Bank Aceh, PT Mopoly Raya. PT. Bank Mandiri, PT. Nirmala Coal, PT. Bank Negara Indonesia, PT. Bank Rakyat Indonesia.

Dadek mengatakan, jumlah dana tersebut akan terus bertambah, mengingat masih ada empat perusahaan yang sedang menunggu persetujuan dari kantor pusat.

Keempat perusahaan tersebut adalah PT. Bank Mandiri, PT. Nirmala Coal, PT. Bank Negara Indonesia dan PT. Bank Rakyat Indonesia.

“Penetapan CSR ini berdasarkan Qanun Aceh Barat Nomor 10 Tahun 2015 tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan. Sudah terealisasi secara bertahap, sekitar 67 persen,” sebutnya.

Dadek melanjutkan, pengelolaan dana CSR Kabupaten Aceh Barat banyak diarahkan untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat, seperti pemberdayaan ekonomi, kesehatan, pendidikan serta sosial budaya.

“Sempat terjadi penurunan nilai dari yang ditargetkan. Hal ini disebabkan penurunan angka produksi yang terjadi pada beberapa perusahaan, terutama perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan,” jelasnya.

Ia menambahkan, Pemerintah Kabupaten Aceh Barat akan memberikan penghargaan berupa CSR Award kepada Perusahaan terbaik. Pemberian penghargaan ini, dimaksudkan sebagai bentuk keseriusan pemerintah daerah terhadap pelaksanaan CSR kepada masyarakat.

“Tahun ini, akan ada CSR Award dengan mengevaluasi Kegiatan CSR 2016,” ujar Dadek.[]

 

EDITOR: ARISKI SEPTIAN

 

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *