150 Mahasiswa Baru STAIN Ikut Wawancara

oleh -226 views

Foto: Kasubbag Akademik dan Kemahasiswa, Zulyadi Miska, S.Ag saat wawancara calon mahasiswa STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh yang lulus seleksi SPAN-PTKIN, Sabtu 20 Mei 2017.

 

Meulaboh- Sebanyak 150 mahasiswa baru Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Teungku Dirundeng Meulaboh, yang lulus melalui jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN), mengikuti wawancara  dan tes baca al-Quran, Sabtu, 20 Mei 2017, di kampus setempat.

Seleksi lanjutan tersebut bertujuan untuk menentukan Uang Kuliah Tunggal (UKT) masing-masing mahasiswa, sekaligus menentukan calon mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi tahun akademik 2017/2018.

Kasubbag Akademik dan Kemahasiswa, Zulyadi Miska, S.Ag mengatakan, hal tersebut tersebut merupakan rangkaian seleksi yang harus diikuti calon mahasiswa baru.

Ia menjelaskan, mahasiswa yang lulus merupakan orang-orang terpilih yang telah mengikuti proses seleksi secara nasional. Tahun ini jumlah mahasiswa yang mendaftar pada STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh melalui jalur SPAN-PTKIN meningkat.

Miska berharap, mahasiswa yang telah dinyatakan lulus dapat melanjutkan prestasinya ke bangku kuliah.

“Karena ini jalur prestasi, jadi saya berharap selama kuliah banyak prestasi yang muncul, baik segi akademik maupun non akademik,” harapnya.

Rata-rata UKT STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh tahun 2017, mulai dari Rp400 ribu, Rp700 ribu, sampai Rp900 ribu dan Rp2,4 juta untuk mahasiswa bidikmisi. UKT disesuaikan dengan ekonomi keluarga dan pilihan program studi mahasiswa.

Asha Amiela, calon mahasiswa baru, mengaku bangga dirinya dapat menjadi bagian STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh. Terlebih ia lulus lewat jalur SPAN pada program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam.

Alasan utama dirinya memilih STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, karena secara status sudah sama dengan kampus lain.

“Prestasi juga tak kalah. Banyak kakak-kakak dan abang-abang mahasiswa STAIN yang berprestasi mengharumkan nama Aceh Barat, baik regional maupun nasional dan itu menginspirasi,” katanya.

STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh membuka tiga jalur masuk mahasiswa baru, yaitu SPAN-PTKIN, Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) dan jalur seleksi lokal (Mandiri).[]

Editor: Junaidi Mulieng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *