UTU Salurkan 1.197 Beasiswa Bidikmisi

oleh -1.513 views
PhotoPictureResizer 191211 144656142 crop 1087x591
Rektor Universitas Teuku Umar, Jasman J Ma'ruf menyerahkan buku tabungan bagi mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi tahun 2019, di halaman rektorat kampus setempat, Rabu 11 Desember 2019. (BASAJAN.NET/IRWANDI)

BASAJAN.Net, Meulaboh- Universitas Teuku Umar (UTU) menyalurkan beasiswa bidikmisi bagi 1.197 mahasiswa. Penyaluran dan penyerahan buku tabungan dilakukan langsung Rektor UTU, Jasman J Ma’ruf, di halaman rektorat kampus setempat, Rabu, 11 Desember 2019.

Jasman dalam sambutan mengatakan, sejak penegerian tahun 2014, jumlah penerima beasiswa bidikmisi Universitas Teuku Umar, tiap tahunnya terus mengalami peningkatan.

Loading...

Pada tahun 2014, penerima beasiswa bidikmisi UTU 150 mahasiswa. Di tahun 2015 meningkat menjadi 280 penerima. Tahun 2016, penerima beasiswa bidikmisi mencapai 300 mahasiswa dan meningkat menjadi 451 mahasiswa di tahun 2017. Tahun 2018, penerima beasiswa bidikmisi UTU 804 mahasisiswa dan tahun 2019 berjumlah 1.197 mahasiswa.

Jasman menyampaikan, penyaluran beasiswa bidikmis tahun ini akan dilakukan dalam dua gelombang. Untuk gelombang pertama, disalurkan bagi 997 penerima. Sisanya, 200 mahasiswa akan disalurkan pada gelombang kedua.

Ia berpesan, agar mahasiswa penerima bidikmisi tidak boros. Memanfaatkan beasiswa untuk menunjang aktifitas studi, terutama mengasah kemampuan Bahasa Inggris dan Perancis.

“Bidikmisi bersumber dari uang rakyat, gunakan sebaik-baiknya,” pesannya.

Jasman menambahkan, untuk mendukung pengambangan kemampuan bahasa asing mahasiswa, pihak kampus akan memfasilitasi klub Bahasa Inggris dan Perancis. 

“Gunakan kesempatan tersebut untuk mengasah kemampuan berbahasa kalian,” ujar Jasman, mengingatkan.

Sementara itu, Wakil Rektor UTU Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Mursyidin mengatakan, beasiswa bidikmisi merupakan bantuan biaya pendidikan bagi mahasiswa tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik baik. Sehingga para mahasiswa tersebut, dapat menempuh pendidikan di perguruan tinggi pada program studi unggulan sampai lulus tepat waktu.

“Karenanya, harus dimanfaat sebaik mungkin untuk keperluan pendidikan, seperti membeli buku,¬† pengerjaan tugas kukiah dan biaya hidup sehari-hari,” ujarnya.

Ia berpesan, mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi UTU, untuk fokus dalam penyelesaian studi dan terus meningkatkan prestasi, baik akademik maupun non akademik.

Mursyidin menambahkan, jika nanti ada mahasiswa yang mendapatkan nilai prestasi akademik di bawah rata-rata, pihak universitas akan memanggil mahasiswa bersangkutan, untuk dibina.

Selain bidikmis, UTU juga memiliki beasiswa lainnya, yaitu beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA), Supersemar, Bank Indonesia, BPSDM, Baitulmal Aceh, Baitulmal Aceh Barat dan Beasiswa Mifa Bersaudara.[]

 

WARTAWAN: NURKHALIS

EDITOR: JUNAIDI MULIENG

 

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *