UIN Ar-Raniry Yudisium Daring 920 Sarjana

oleh -66 views
IMG 20200915 230725 compress15
Yudisium daring UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Senin 14 September 2020. (BASAJAN.NET/NAT RIWAT)

BASAJAN.NET, Banda Aceh- Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh yudisium 920 sarjana program strata satu (S1) semester genap tahun akademik 2019/2020 secara dalam jaringan (daring), Senin 14 September 2020.

Dari 920 sarjana yudisium terdiri dari, 650 sarjana Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK), 28 Fakultas Psikologi, dan 242 sarjana dari Fakultas Syariah dan Hukum (FSH).

Loading...

“Kegiatan yudisium tahun ini dilaksanakan secara daring atau online, artinya peserta mengikutinya dari rumah masing-masing, mereka dapat mengikuti dengan bergabung dengan aplikasi yang disediakan,” kata Dekan FTK UIN Ar-Raniry, Muslim Razali.

Razali menegaskan, yudisium secara daring ini dilaksanakan atas kebijakan pimpinan UIN Ar-Raniry dalam rangka mencegah penyebaran covid 19 yang sedang mewabah. Namun panitia mengizinkan kehadiran peserta yudisium terbaik masing-masing prodi dengan protokol kesehatan yang ketat.

“Kami mengharapkan kepada para peserta yudisium dan orangtua/wali agar dapat menerima kondisi seperti ini, demi mencegah penyebaran virus corona. Apa yang dilakukan ini atas pertimbangan dari berbagai aspek,“ ujarnya.

Walaupun peserta yudisium mengikutinya dari rumah masing-masing, Muslim Razali memastikan proses dan seluruh rangkaian acara berlangsung normal seperti biasanya, artinya pengukuhan dan pemanggilan peserta yudisium, serta tertib acara lainnya juga berlangsung sebagaimana biasanya.

Wakil Dekan bidang akademik dan kelembagaan, Chalis mengatakan, 650 peserta yudisium tersebut merupakan lulusan dari 13 program studi yang ada di lingkungan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, terdiri dari prodi PAI 59 orang, PBA sebanyak 107, PBI sebanyak 95, PFS sebanyak 65, PMA sebanyak 32, MPI sebanyak 62, PBL sebanyak 42, PKM sebanyak 30, PGMI sebanyak 62, PIAUD sebanyak 18, PTE sebanyak 13, PTI sebanyak 32 dan BK sebanyak 33 orang.

“Sampai dengan semester ini FTK UIN Ar-Raniry telah berusia 57 tahun, dan telah menghasilkan lebih kurang 20.248 lulusan yang terhitung dalam kurun waktu 23 tahun terakhir,” tambahnya.

Sementara itu Dekan Fakultas Psikologi UIN Ar-Raniry, Salami mengatakan, fakultas psikologi UIN Ar-Raniry meluluskan sebanyak 28 sarjana dan kepada mereka berhak menggunakan gelar sarjana psikologi (S.Psi).

“Para lulusan tersebut telah melalui proses panjang dalam tahapan pembelajaran, mereka telah dibekali segudang ilmu dari para dosen dan narasumber dari berbagai bidang disiplin ilmu terkait dengan pelatihan-pelatihan yang digelar,” ujarnya.

Wakil Dekan bidang Akademik dan Kelembagaan FSH UIN Ar-Raniry, Jabbar mengatakan, pada yudisium semester genap 2019/2020 ini, Fakultas Syariah Hukum (FSH) yudisium 242 Orang, terdiri dari Prodi Hukum Keluarga 46 orang, Hukum Ekonomi Syariah  83 orang, Perbandingan Mazhab dan Hukum  21 orang, Hukum Pidana Islam  30 orang, Hukum Tata Negara 33 orang, dan Prodi ilmu Hukum 29 orang.

“Berdasarkan peringkat, yudisium kali ini menghasilkan 123 orang dengan predikat istimewa atau 50,83 persen, selanjutnya predikat Baik Sekali sebanyak 102 orang dan predikat Yudisium Baik sebanyak 17 orang,” ujarnya.[]

 

 

EDITOR : RAHMAT TRISNAMAL

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *