UIN Ar-Raniry Siap Bantu Kembangkan Ma’had Aly

oleh -77 views
UIN Ar-Raniry Siap Bandu Mahad Aly di Aceh
Rektor UIN Ar-Raniry, Warul Walidin (kanan) bersama para pimpinan Ma'had Aly di Aceh, Senin 25 Oktober 2021. (BASAJAN.NET/NAT RIWAT)

BASAJAN.NET, Banda Aceh- Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh siap membantu secara maksimal pengembangan dayah-dayah yang menyelenggarakan pendidikan jenjang Ma’had Aly di Aceh. 

Pernyataan tersebut disampaikan Rektor UIN Ar-Raniry, Warul Walidin saat penandatangan naskah kerjasama dengan empat institusi Ma’had Aly di Aceh, di kampus tersebut, Senin, 25 Oktober 2021. 

Warul menyampaikan sangat gembira dengan kehadiran lembaga Ma’had Aly di kampus tersebut, karena antara UIN Ar-Raniry dan dayah memiliki tujuan yang sama dalam pengembangan pendidikan Islam di Aceh. 

“Bahkan guru-guru besar dan dosen-dosen UIN Ar-Raniry, banyak yang alumni dayah,” ujarnya.

Warul mengatakan, ruang lingkup kerjasama antara UIN Ar-Raniry dengan Ma’had Aly mencakup program-program dalam bentuk peningkatan kualitas pendidikan dan kegiatan ilmiah.

Kemudian, peningkatan kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta penerapan hasil-hasilnya. 

Selanjutnya, dalam bidang pengembangan sumber daya manusia, pemanfaatan tenaga ahli, serta kegiatan lain yang dipandang perlu untuk pengembangan perekonomian masyarakat secara umum dan bermanfaat bagi para pihak. 

Sementara itu, Teuku Zulkhairi, perwakilan Ma’had Aly mengatakan, Ma’had Aly di Aceh saat ini sangat membutuhkan dukungan dari berbagai pihak. Terlebih ke depan, pihaknya akan menghadapi proses akreditasi.

Ia berharap, dengan dukungan berbagai pihak, Ma’had Aly di Aceh bisa terus bergerak maju. 

“Ma’had Aly ini adalah salah satu jalan untuk memajukan pendidikan dayah di Aceh,” tekannya.

Ma’had Aly merupakan perguruan tinggi khas dayah yang fokus kajiannya menitik beratkan pada pengembangan khazanah kitab turats. Dalam pembelajarannya, memadukan antara sistem SKS dan sistem khataman (menamatkan pembacaan kitab).[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.