UAM di MAN 1 Aceh Barat Berbasis Android

oleh -323 views
P 20190325 085158 1 01 1701x957

BASAJAN.Net, Meulaboh – Sebanyak 314 siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Aceh Barat ikuti Ujian Akhir Madrasah Berbasis Android (UAM BA). Ujian tersebut berlangsung di lapangan Basket Madrasah setempat usai melaksanakan upacara bendera, Senin, 25 Maret 2019.

Kepala MAN 1 Aceh Barat, Cut Aswadi mengatakan, pelaksanaan ujian berbasis android tersebut merupakan pelaksanaan perdana yang dilaksanakan oleh pihak madrasah. Sebelumnya pada UAM dilakukan dengan berbasis pensil kertas.

Loading...

Cut Aswadi menjelaskan, UAM BA bertujuan untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam menguasai ilmu teknologi sebagaimana tuntutan pada reformasi industri 4.0.

“Kita harus perkenalkan teknologi positif kepada generasi bangsa dengan melakukan berbagai inovasi pendidikan yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Dengan demikian, pemanfaatan teknologi tidak disalahgunakan,” jelasnya.

Lebih lanjut Cut Aswadi menjelaskan, pelaksanaan UAM BA dilaksanakan selama satu hari dengan diujiankan tiga mata pelajaran, yakni Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (Penjaskes), Seni Budaya dan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Pada ujian tersebut, siswa diberikan sebuah link untuk diakses menggunakan android.

“Setelah mengakses link tersebut, siswa nantinya diminta untuk mengisi biodata, kemudian setiap siswa harus mengisi memilih salah satu jawaban pada soal ujian yang telah diacak oleh aplikasi,” jelasnya.

Cut Aswadi menambahkan, setelah menyelesaikan ujian, siswa tersebut langsung bisa melihat nilai yang didapatkannya.

“Hal ini sangat bermanfaat untuk mempermudah dan menghemat waktu pelaksanaan ujian,” imbuhnya.

Sementara itu Plh. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, Iswandi sangat mengapresiasikan pelaksanaan UAM BA  dan berterimakasih kepada semua pihak yang telah berinovasi dan menyukseskan ujian tersebut di Madrasah.

“Insyaallah kita akan menjadi pencetus utama untuk ujian berbasis android di Kabupaten Aceh Barat,” ungkap Iswandi.

Iswandi berharap, pegawai Kementerian Agama akan terus berinovasi dan dan mengembangkan berbagai kemampuan dalam membangun generasi bangsa yang berprestasi dan bermartabat. “Semoga Kementerian Agama akan terus berprestasi dan berinovasi, serta terus berkiprah untuk menjadi Kementerian yang berprestasi di Indonesia,” harapnya.

Selain di MAN 1 Aceh Barat, di waktu bersamaan MAN 2 Aceh Barat juga melaksanakan UAM berbasis android.[]

 

WARTAWAN: RAHMAT TRISNAMAL

 

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *