Tiga Karakter Wajib Dimiliki Guru

oleh -99 views
Kepala Dinas Pendidikan Aceh Barat, Husaini saat memberi sambutan pada Kegiatan Pembinaan Penyusunan Soal Ujian bagi GPAI sekolah dasar, Kamis 21 April 2022. (BASAJAN.NET/RAHMAT TRISNAMAL)

BASAJAN.NET, Meulaboh- Setidaknya ada tiga karakter utama yang harus dimiliki seorang guru, yaitu kompetensi kreatif, saling berkolaboratif dalam meningkatkan pendidikan dan lembaga, dan melek literasi. Baik baca tulis, sains dan digitalisasi.

“Kita harus mampu menggunakan alat-alat teknologi sebagai fasilitas dalam menjalankan proses pelajaran,” ucap Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Barat, Husaini pada pelatihan pembuatan naskah soal ujian bagi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI), Kamis, 21 April 2022.

Husaini menyampaikan, seorang guru harus profesional dan mempunyai alat ukur, serta kemampuan analisis dan dituntut daya nalar dalam membuat naskah soal.

Ia menambahkan, dalam mendidik karakter siswa di sekolah, seorang guru harus terlebih dahulu mencontohkan moral yang baik kepada peserta didik.

Pembinaan penyusunan soal ujian Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada SD/SDLB merupakan persiapan untuk menyiapkan bank soal ujian akhir semester.

Kegiatan yang dilaksanakan di aula Hotel Tiara Meulaboh tersebut, diikuti 30 Guru PAI sekolah dasar (SD)/sekolah dasar luar biasa (SDLB) dari Kabupaten Aceh Barat dan Nagan Raya.

Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam Kantor Kemenag Kabupaten Aceh Barat, Khairul Azhar menyebutkan, ujian akhir semester mata pelajaran pendidikan agama Islam (PAI) tingkat sekolah dasar (SD) akan berlangsung pada 9 Mei 2022.

Ia berharap, melalui pembinaan tersebut dapat menciptakan soal yang berkualitas dan mampu merangsang pola pikir peserta didik dalam menganalisis dengan baik.[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.