Guru Agama Islam Harus Mampu Membuat Soal Berbasis HOTS

oleh -90 views
Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, Khairul Azhar mewakili Kepala Kanwil Kemenag Aceh membuka kegiatan Pembinaan Penyusunan Soal PAI bagi GPAI Sekolah Dasar, Kamis 21 April 2022. (BASAJAN.NET/RAHMAT TRISNAMAL)

BASAJAN.NET, Meulaboh- Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dituntut untuk memiliki kemampuan dalam penyusunan soal yang berbasis high order thinking skills (HOTS) dan kekinian, sehingga mampu merefleksi analisis pemikiran siswa dalam menjawab soal.

“Ubah pola kolonial menjadi pola milenial,” ujar Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, Khairul Azhar.

Hal itu disampaikan Khairul pada pelatihan pembuatan naskah soal ujian bagi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI), Kamis, 21 April 2022.

Kegiatan yang dilaksanakan di aula Hotel Tiara Meulaboh tersebut, diikuti 30 Guru PAI sekolah dasar (SD)/sekolah dasar luar biasa (SDLB) dari Kabupaten Aceh Barat dan Nagan Raya.

Khairul mengatakan, dalam merumuskan soal, guru harus menyesuaikan standar dengan mengukur kemampuan siswa.

Menurutnya, soal berbasis HOTS bukan hanya diterapkan pada pelajaran sains saja, tetapi juga harus dilakukan pada pelajaran PAI.

Khairul menambahkan, soal PAI yang disiapkan harus memuat isu-isu terkini, seperti moderasi beragama dan toleransi beragama, serta transformasi digital.

Selain itu, tidak boleh dilepaskan dari ilmu budi pekerti yang baik sebagai pondasi awal seorang anak dalam menjalani kehidupan.

Ketua Panitia Pelaksana, M Nasir mengatakan, kegiatan yang diadakan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama bersama Kemenag Kabupaten Aceh Barat tersebut, bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan kualitas guru dalam menyusun dan mempersiapkan naskah soal ujian sesuai dengan standar.[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.