Tahun 2022 UIN Ar-Raniry Tampung 5000 Mahaiswa Baru

oleh -67 views
Tahun 2022 UIN Ar-Raniry Tampung 5000 Mahaiswa Baru
Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh mulai melakukan sosialisasi penerimaan mahasiswa baru (PMB) Tahun Akademik 2022/2023 di Kabupaten Aceh Timur. (BASAJAN.NET/ISTIMEWA).

BASAJAN.NET, Aceh Timur- Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh mulai melakukan sosialisasi penerimaan mahasiswa baru (PMB) Tahun Akademik 2022/2023. Tahun depan, kampus kebanggaan masyarakat Aceh itu, akan menampung 5000 lebih mahasiswa.

“Daya tampung UIN Ar-Raniry Banda Aceh tahun 2022, berjumlah 5000-an. Untuk Prodi Ilmu Hadist tahun ini akan ikut jalur Nasional SPAN-PTKIN dan UM-PTKIN,” kata Kepala Bagian Akademik UIN Ar-Raniry Fadhli, Sabtu, 11 Desember 2021.

Hal itu disampaikan Fadhli pada sosialisasi penerimaan mahasiswa baru di kabupaten Aceh Timur, yang berlangsung mulai tanggal 10-13 Desember 2021.

Fadhli mengatakan, sosialisasi bertujuan untuk memberikan informasi kepada siswa kelas XII tentang cara dan tahapan masuk perkuliahan yang ada di perguruan tinggi.

Selain itu, juga untuk mendiseminasikan dan menginformasikan program akademik dan sistem penerimaan mahasiswa baru di lingkungan UIN Ar-Raniry Banda Aceh kepada sekolah dan siswa-siswi tingkat akhir pada sekolah dan madrasah.

Untuk mendapatkan informasi penerimaan mahasiswa baru, para siswa dapat mengunjugi laman website Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri Indonesia https://ltmpt.ac.id/. Untuk website resmi pendaftaran UIN Ar-Raniry Banda Aceh yang dapat diakses melalui https://pendaftaran.ar-raniry.ac.id/ atau call center 0823 7034 0228 & 0823 7080 4528.

Lima Jalur Pendaftaran

Seperti tahun sebelumnya, UIN Ar-Raniry Banda Aceh membuka lima jalur seleksi untuk mahasiswa Program Sarjana, yaitu melalui seleksi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sedangkan di bawah Kementerian Agama, melalui seleksi SPAN-PTKIN (Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri), Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) dan terakhir melalui jalur mandiri PMB Lokal.

Kepala Biro AUPK UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Ibnu Sa’dan mengatakan, untuk tahun 2022, khusus jalur prestasi akademik ada SNMPTN dan SPAN PTKIN. Sedangkan melalui jalur UTBK, ada SBMPTN dan UMBPTKIN serta terakhir jalur PMB Lokal.

“Untuk jalur seleksi di bawah naungan Kemendikbud ada 15 Prodi yang ditawarkan sedangkan dibawah Kementerian Agama ada 28 Prodi serta dijalur terakhir PMB Lokal ada 43 Prodi,” jelasnya.

Ibnu Sa’dan menjelaskan, saat ini UIN Ar-Raniry Banda Aceh memiliki 43 Prodi Program Sarjana, tujuh Prodi Program Magister dan dua Program Doktor.

Pelaksanaan SNMPTN dimulai Januari sampai April tahun 2022, SBMPTN mulai Februari hingga Juni, SPAN-PTKIN mulai Januari sampai Juni, UMB-PTKIN mulai April sampai Juli, dan terakhir jalur mandiri PMB Lokal mulai bulan Mei sampai Agustus tahun 2021.[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *