Sumberpost Didik Jurnalis Muda Kreatif

oleh -110 views
Sumberpost Didik Jurnalis Muda Kreatif
Eva Hazmaini, pemateri Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD), yang diadakan UKPM Sumberpost UIN Ar-Raniry, Sabtu, 14 Oktober 2023. (BASAJAN.NET/SUMBERPOST).

BASAJAN.NET, Banda Aceh– Unit Kegiatan Pers Mahasiswa (UKPM) Sumberpost UIN Ar-Raniry gelar Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD), Sabtu, 14 Oktober 2023, di ruang teater Fakultas Psikologi kampus setempat.

Pimpinan Umum Sumberpost, Uly Rahmaty menjelaskan, tema dan fokus capaian PJTD tahun ini, untuk membentuk jurnalis muda kreatif dan kritis, dengan tetap memperhatikan etika di era digital.

Dalam sambutannya, Kepala Biro Administrasi Akademik Kemahasiswaan dan Kerjasama (AAKK) UIN Ar-Raniry, Mirwan mengapresiasi kegiatan tersebut. 

“Ini sebagai pintu dasar untuk mengenal dunia jurnalistik,” ujarnya.

Mirwan menambahkan, di era digital ini setiap orang bisa mendapatkan informasi yang cepat hanya dengan menggunakan handphone saja.

Eva Hazmaini, pemateri pada kegiatan tersebut menjelaskan, dalam menulis berita, wartawan harus berdasarkan pada fakta, jelas dan kritis.

“Selain itu, berita juga harus memuat nilai positif, tanpa unsur sara di dalamnya,” paparnya.

Eva menambahkan, salah satu cara termudah untuk mendapatkan berita, dengan terjun langsung ke lapangan. 

“Setelah semua data terkumpul, baru kemudian ditulis, diedit dan dipublish kepada khalayak,” lanjutnya.

Sementara itu, Alumni Sumberpost, Bustami berharap, ke depannya lembaga tersebut bisa diatur sebaik mungkin terkait penerbitan karya. 

“Karena dulu, mengeluarkan karya membutuhkan anggaran yang sangat besar,” pungkasnya.

Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan Sumberpost. Sekaligus menjadi sarana pembekalan para calon anggota baru.[]

============================

EDITOR: JUNAIDI MULIENG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.