STAIN Meulaboh Beri Pelatihan Karya Ilmiah Bagi Dosen

oleh -45 views

BASAJAN.NET, Meulaboh– Guna meningkatkan kualitas karya ilmiah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Teungku Dirundeng Meulaboh, mengadakan pelatihan artikel dan proposal karya ilmiah bagi dosen.

Kegiatan yang berlangsung pada 23 dan 29 Agustus 2022 tersebut, diisi oleh dua pemateri, yaitu reviwer lima negara Jarjani Usman dan guru besar Universitas Gadjah Mada (UGM) Irwan Abdullah.

Ketua panitia, Jovial Pally Taran mengatakan, setelah pemaparan materi dari kedua pakar tersebut, kegiatan dilanjutkan dengan coaching artikel bersama Irwan Abdullah pada 9 September 2022.

“Lalu, berdasarkan masukan dari coaching sebelumnya, para peserta menyerahkan artikel lengkap pada 3 Oktober 2022,” ujarnya.

Jovial menyampaikan, kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai bagian dari pengembangan dan peningkatan publikasi ilmiah.

“Selain itu, juga menjadi ajang bagi kalangan dosen dalam memahami kiat dan strategi mempublikasikan karya ilmiah pada jurnal bereputasi internasional,” terangnya.

Jovial menambahkan, selain membahas mengenai artikel, pemateri juga menjelaskan bagaimana merumuskan proposal penelitian yang baik, agar memenuhi program bantuan penelitian dan pengabdian.

Ia berharap, kegiatan tersebut bisa reguler dilakukan STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh sebagai wadah pengembangan dosen.

“Sekaligus penunjang bagi akreditasi kampus,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Arroyyan Ramly menyatakan, kegiatan tersebut untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas menulis proposal dan artikel bagi civitas akademika.

“Sehingga nantinya, mutu publikasi ilmiah di STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, terus meningkat,” harapnya.

Kegiatan yang dilaksanakan P3M STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh ini, diikuti 90 peserta lebih dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. []

=====================

PENULIS: MELLYAN

EDITOR: JUNAIDI MULIENG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.