Siswa MTsN 3 Aceh Barat Pilih Ketua OSIM Secara e-Voting

oleh -229 views
WhatsApp Image 2021 01 16 at 2.36.25 PM
Pemilihan Ketua Osim MTsN 3 Aceh Barat menggunakan e-Voting, Sabtu 16 Januari 2021. (BASAJAN.NET/ARISKI SEPTIAN)

BASAJAN.NET, Meulaboh- Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 Aceh Barat melakukan pemilihan Ketua Organisasi Intra Siswa Madrasah (OSIM) secara e-Voting, Sabtu 16 Januari 2021.

Pemilihan yang berlangsung di komplek madrasah setempat, guna mengenalkan pemilihan umum sejak dini kepada para siswa. Pemilihan tersebut diikuti oleh 705 pemilih dari para siswa dan guru. 

Loading...

Tidak seperti pemilihan biasanya, siswa MTsN 3 Aceh Barat diperkenalkan pemilihan secara e-Voting, yaitu dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Hal itu dilakukan untuk mendidik siswa MTsN 3 Aceh Barat agar memiliki wawasan dalam penguasaan teknologi digitalisasi.

“Pemilihan e-Voting memakai sepuluh unit komputer, lima unit untuk laki-laki dan lima unit untuk perempuan,” kata Kepala MTsN 3 Aceh Barat, Almunawar Khalil.

WhatsApp Image 2021 01 16 at 2.39.55 PM
Siswa MTsN 3 Aceh Barat sedang memilih Ketua Osim menggunakan e-Voting, Sabtu 16 Januari 2021. (BASAJAN.NET/ISTIMEWA)

Menurutnya, pemilihan secara e-Voting lebih efektif dari pemilihan secara manual, sebab dengan menggunakan e-Voting mendapatkan hasil yang cepat, akurat, transparan dan akuntabel.

Ia menjelaskan, pemilihan e-Voting baru perdana dilaksanakan untuk memilih Ketua OSIM MTsN 3 Aceh Barat masa bakti 2021. Semua siswa dan guru pun memiliki hak pilihnya untuk memilih calon ketua Osim secara e-Voting.

“Alhamdulillah berjalan sukses, aman, tertib dan menerapkan protokol kesehatan dengan baik,” ucap Almunawar.

Sebelum pemilihan berlangsung, siswa MTsN 3 Aceh Barat juga mendapatkan sosialisasi pendidikan politik dan demokrasi bagi pemilih pemula. Hal tersebut disosialisasikan langsung oleh Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Barat, T Novian Nukman beserta komisioner.

Pemilihan e-Voting berlangsung di Komplek MTsN 3 Aceh Barat.[]

 

 

WARTAWAN : RAHMAT TRISNAMAL

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *