Siswa MI Aceh Barat Ikut KSMO Nasional

oleh -163 views
WhatsApp Image 2020 11 09 at 4.33.27 PM
Kabid Penmad Kanwil Kemenag Aceh, Zulkifli memantau pelaksanaan KSMO, Senin 9 November 2020. (BASAJAN.NET/RAHMAT TRISNAMAL)

BASAJAN.NET, Meulaboh- Sejumlah siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Kabupaten Aceh Barat mengikuti Kompetisi Sains Madrasah Online (KSMO) tingkat nasional, Senin, 9 November 2020.

Kegiatan yang berlangsung di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 16 Aceh Barat tersebut, diikuti tujuh puluh siswa madrasah ibtidaiyah di Kabupaten Aceh Barat. Mereka akan saling bersaing untuk merebut juara di tingkat nasional.

Loading...

Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, Iswandi menjelaskan, pada KSMO tahun 2020 jenjang madrasah ibtidaiyah terdapat dua bidang kompetisi, yaitu matematika terintegrasi dan sains ilmu pengetahuan alam (IPA) terintegrasi.

Iswandi menyebutkan, dari tujuh puluh siswa madrasah ibtidaiyah di Kabupaten Aceh Barat, 35 siswa berkompetisi di bidang matematika terintegrasi dan 35 siswa lainnya berkompetisi di bidang sains ilmu pengetahuan alam (IPA) terintegrasi.

Ia menambahkan, sebelumnya pihak madrasah telah mengagendakan KSMO akan diikuti para siswa di madrasah masing-masing. Namun karena terkendala jaringan internet, lokasi kegiatan dialihkan ke MIN 16 Aceh Barat.

“Semoga siswa kita bisa merebut juara KSMO Nasional,” harapnya.

Pelaksanaan KSMO jenjang madrasah ibtidaiyah di Kabupaten Aceh Barat turut dipantau Pelaksana Tugas Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Aceh, Zulkifli. Dari pantauan yang dilakukan, pelaksanaan KSMO di Kabupaten Aceh Barat terkendala jaringan server.

“Mungkin karena peserta yang masuk ke server hari ini sangat banyak. Ketika simulasi kemarin lancar-lancar saja,” terangnya.

Meski begitu, Zulkifli menyampaikan, peserta tidak perlu khawatir, sebab kendala serupa juga dialami oleh seluruh peserta di seluruh Indonesia.

“Kita tunggu saja bagaimana instruksi dari pusat,” tambahnya.

Zulkifli menyebutkan, secara keseluruhan peserta KSMO jenjang madrasah ibtidaiyah perwakilan Aceh berjumlah 22.120 siswa, dari 424 madrasah ibtidaiyah negeri dan 92 madrasah ibtidaiyah swasta.[]

 

WARTAWAN: RAHMAT TRISNAMAL
EDITOR: JUNAIDI MULIENG

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *