Santri Nurul Falah Miliki Gedung Serba Guna Baru

oleh -47 views
Bupati Aceh Barat, Ramli MS menandatangani prasasti Peresmian Gedung Serba Guna dan RKB Dayah Nurul Falah Meulaboh, Rabu 3 Agustus 2022. (BASAJAN.NET/RAHMAT TRISNAMAL)

BASAJAN.NET, Meulaboh- Santri Dayah Madrasah Tsanawiyah Swasta (MTsS) Nurul Falah Meulaboh memiliki gedung serba guna dan ruang kelas baru (RKB). Kedua gedung tersebut diresmikan langsung oleh Bupati Aceh Barat, Ramli MS, Rabu 3 Agustus 2022.

Turut didampingi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, Samsul Bahri. Ketua Yayasan Teuku Chik Lila Perkasa, Bismi Hasan. Kepala Dinas Syariat Islam Aceh Barat, Muhammad Isa. Ketua MPU Aceh Barat, Mahdi Kari Usman. Ketua MAA Aceh Barat, Mawardi Nyak Man. 

Ketua Yayasan Teuku Chik Lila Perkasa, Bismi Hasan mengucapkan terimakasih kepada kepada semua pihak, baik dari lembaga pemerintah, swasta dan orangtua/wali santri yang telah mendukung kelancaran proses pendidikan di dayah/madrasah Nurul Falah Meulaboh.

Bismi menyebutkan, saat ini santri Dayah/MTsS Nurul Falah Meulaboh sebanyak 381 santri yang berasal beberapa kabupaten, seperti Aceh Barat, Nagan Raya, Aceh Barat Daya, Aceh Jaya, Aceh Selatan, Simeulue dan beberapa daerah lainnya. Sedangkan jumlah guru sebanyak 68 orang dan 90 persen diantaranya guru non pegawai negeri sipil (Non-PNS).

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, Samsul Bahri mengapresiasikan atas peresmian dua gedung Pesantren/MTsS Nurul Falah Meulaboh, yaitu Gedung Serba Guna dan Gedung RKB.

Menurutnya hal tersebut menjadi salah satu niat dan ikhtiar baik dari keluarga besar dayah/MTsS Nurul Falah Meulaboh untuk berperan aktif dalam memajukan dunia pendidikan dan keagamaan, sekaligus merespon dan menjawab keinginan santri dan masyarakat sekitar.

Samsul berharap, dengan berdirinya kedua gedung tersebut, dapat memberikan tambahan manfaat dan maslahat bagi para santri, sebagai sentral kegiatan belajar mengajar, pelatihan dan keterampilan santri. 

Selain itu, Dayah/MTsS Nurul Falah juga harus mampu memberikan kontribusi yang lebih besar dan lebih luas lagi untuk kemajuan bangsa dan daerah. Peran ustadz dan ustadzah, serta pengajar sangat penting dalam menanamkan ajaran Islam dan membimbing para santrinya menjadi gernerasi yang saleh, cerdas, terampil, dan mandiri. 

“Pondok pesantren merupakan garda terdepan untuk mewujudkan Islam yang Rahmatan Lil Alamin,” jelasnya.

Selain itu, Bupati Aceh Barat Ramli MS mengatakan, keberadaan dayah/madrasah merupakan komitmen bersama terhadap pentingnya mempersiapkan generasi muda penerus bangsa yang memiliki kompetensi dan pemahaman agama yang baik.

Ramli mengatakan, pembangunan gedung baru Dayah MTsS Nurul Falah Meulaboh merupakan bentuk ikhtiar terhadap peningkatan mutu pendidikan, sebagai tempat menggali dan menimba ilmu pengetahuan bagi siswa, guna mencetak generasi islami yang mampu bersaing di tengah tantangan arus globalisasi.

Selain itu, sebagai salah satu lembaga pendidikan formal, pesantren maupun madrasah dalam berbagai tingkatan, tentu harus menjadi landasan utama dalam pembentukan kualitas dan karakter anak-anak bangsa.

Ramli berpesan, keberadaan gedung baru tersebut harus mampu dijadikan motivasi khususnya para guru dan seluruh komponen pengajar untuk senantiasa berupaya mendorong perkembangan prestasi anak didik dan menanamkan jiwa kreativitas, serta membekali budaya kompetisi yang sportif, dimana hal tersebut menjadi bagian dari upaya pembentukan karakter akhlakul karimah bagi generasi Islam.

Semoga terus mampu mencetak dan melahirkan generasi muda aceh barat yang membanggakan,” harapnya.[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.