Ratusan Mahasiswa UTU Kuliah Umum Berbasis Online

oleh -627 views
IMG 20200426 214628 compress47
Kuliah Umum Program Pengembangan Pendidikan Agama Islam (P3AI) UTU berbasis online, Sabtu, 25 April 2020. (BASAJAN.NET/ISTIMEWA)

BASAJAN.NET, Meulaboh – Ratusan mahasiswa Universitas Teuku Umar (UTU) mengikuti kuliah umum secara daring (online). Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Program Pengembangan Pendidikan Agama Islam (P3AI) UTU, Sabtu, 25 April 2020.

Kuliah umum “Menata karakter unggul di Era digital” yang dilakukan melalui Live Instagram story @pusatp3ai.utu tersebut sebagai upaya keberlangsungan pembelajaran ditengah kondisi pandemi Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) untuk pembinaan karakter dan spiritual mahasiswa UTU.

Loading...

Ketua P3AI UTU, Sulaiman Ali mengatakan, Kuliah Umum tersebut diikuti oleh seluruh Mahasiswa Angkatan 2019 Universitas Teuku Umar dan beberapa mahasiswa dari angkatan 2018 yang belum menyelesaikan P3AI tahun lalu.

“Ada sembilan ratus lebih mahasiswa yang melakukan Live secara langsung, termasuk mentor P3AI dan empat ratus lebih mahasiswa yang melakukan siaran ulang untuk mendapatkan materi yang diberikan oleh narasumber. Pada sesi terakhir dilakukan diskusi tanya jawab dan game ilmu melalui Join Live Instagram,” terang Sulaiman Ali.

Ia mengatakan, para peserta sangat antusias dalam mengikuti dan menjawab pertanyaan dan game ilmu yang diberikan. Dari ratusan mahasiswa yang ingin bertanya, beberapa mahasiswa tercepat yang dapat melakukan join live di Instagram story.

Sejumlah cerita menarik dari perjuangan para mahasiswa untuk bisa mengikuti kuliah umum perdana secara live ini, salah satunya M. Ahyani Yusuf, mahasiswa prodi Agribisnis FP.

“Di daerahnya kesulitan mendapatkan jaringan internet. Untuk mengatasinya, sejak pukul 07.00 pagi WIB harus menaiki gunung untuk mendapatkan jaringan internet dan mengikuti kuliah umum,” jelas Sulaiman.

Kuliah Umum ini diisi oleh dua orang narasumber yaitu, Sulaiman Ali dan Rita Hartati.

Adapun materi yang disampaikan Sulaiman Ali yaitu, sepuluh kualitas karakter yang harus dimiliki oleh mahasiswa UTU, yaitu ketulusan, kerendahan hati, kesetiaan, positive thinking, keceriaan, bertanggung jawab, percaya diri, kebesaran jiwa, easy going dan empati.

Sedangkan sesi kedua dilanjutkan oleh Rita Hartati yang menjelaskan tentang Rasulullah Qudwatuna, Rasul sebagai taulada kami, pentingnya iman kepada rasul dan menjelaskan tentang keteladanan Rasulullah SAW.

Sementara itu, Rektor Universitas Teuku Umar, Jasman J Ma’ruf, mengapresiasi kegiatan Kuliah Umum yang dilaksanakan oleh Tim P3AI UTU tersebut.

“Semoga mahasiswa UTU menjadi mahasiswa dan lulusan yang berkarakter mulia, kreatif dan inovatif,” harapnya.

Selain itu, Ketua Satgas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 UTU, Mursyidin mengatakan, langkah yang dilakukan oleh unit P3AI UTU sudah tepat dan sesuai dengan SOP Pencegahan Covid-19.

“Metode kuliah umum ini sangat bagus. Kita juga mengapresiasi semangat belajar yang ditunjukkan oleh mahasiswa yang berada di daerah yang kesulitan jaringan internet. Paling penting mereka harus menjaga keselamatan diri, jaga kesehatan, jaga jarak dan tetap dirumah,” pesan Mursyidin yang juga menjabat Wakil Rektor III UTU Bidang Kemahasiswaan dan Alumni.[]

 

EDITOR : RAHMAT TRISNAMAL

 

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *