Meski Zona Hijau Madrasah di Aceh Barat Tetap Ujian Daring

oleh -333 views
ilustrasi
ILUSTRASI UJIAN/PIXABAY

BASAJAN.NET, Meulaboh- Meski Kabupaten Aceh Barat telah ditetapkan sebagai zona hijau seiring pemberlakukan kehidupan normal baru, namun madrasah di Kabupaten Aceh Barat tetap melaksanakan ujian semester genap 2019/2020 secara daring.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Aceh Barat, Khairul Azhar mengatakan, langkah tersebut diambil karena sampai saat ini belum ada keputusan khusus dari pemerintah daerah tentang pelaksanaan proses belajar mengajar (PBM) secara tatap muka.

Loading...

“Kita tunggu keputusan pemerintah daerah kabupaten atau provinsi,” ujar Khairul saat memimpin apel bersama kesiapan pembelajaran madrasah di masa kehidupan normal baru, di halaman MTsN Meureubo, Sabtu 6 Juni 2020.

Khairul menyampaikan, meski Kabupaten Aceh Barat telah ditetapkan sebagai zona hijau oleh pemerintah pusat dan surat edaran Gubernur Provinsi Aceh nomor 440/7810 pada tanggal 2 Juni 2020, namun pelaksana ujian semester genap tetap harus mengadopsi sistem daring atau tidak dilakukan dengan cara tatap muka.

“Kita juga telah membuat permohonan rekomendasi kepada Bupati Aceh Barat, untuk melaksanakan PBM secara tatap muka, dengan harapan tahun pelajaran 2020/2021 dapat dilakukan secara tatap muka,” ungkap Khairul.

Ia menyampaikan, untuk pelaksanaan PBM secara tatap muka, setiap madrasah harus telah mempersiapkan segala sarana dan prasarana pencegah penyebaran coronavirus disease 2019 (Covid-19), sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) yang diinstruksikan oleh pemerintah.

Seperti wastafel, hand sanitizer, masker, thermogun (alat pengukur suhu) dan sarana lain yang dibutuhkan.

“Ini untuk meyakinkan pemerintah daerah bahwa kita siap melaksanakan PBM secara tatap muka,” lanjutnya.

Selain itu, terkait penerimaan peserta didik baru, Khairul mengimbau kepada seluruh madrasah untuk tetap menjalankan protokol keselamatan.

“Kalau bisa lakukan secara daring, kalau pun harus tatap muka, tentukan jadwal yang sesuai dan tetap menjaga protokol keselamatan,” tambahnya.[]

 

WARTAWAN: RAHMAT TRISNAMAL

EDITOR: JUNAIDI MULIENG

 

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *