Mahasiswa UIN Ar-Raniry Dilatih Pengelolaan Mendeley

oleh -81 views
Mahasiswa UIN Ar-Raniry Banda Aceh dilatih pengelolaan referensi menggunakan mendeley, Kamis 10 Maret 2022. (BASAJAN.NET/ISTIMEWA)

BASAJAN.NET, Banda Aceh– Sejumlah mahasiswa Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh dilatih pengelolaan referensi menggunakan mendeley.

Pelatihan yang diselenggarakan oleh Laboratorium Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh tersebut berlangsung di ruang Lab ICT kampus setempat, Kamis 10 Maret 2022.

Ketua pelaksana, Chairunnisa Ahsana AS mengatakan, pelatihan yang diikuti oleh 50 mahasiswa tersebut dikhususkan bagi mahasiswa akhir yang sedang menyusun skripsi, terdiri dari 15 mahasiswa SKI, 15 mahasiswa BSA, dan 20 mahasiswa Prodi Ilmu Perpustakaan.

Ia menambahkan, peserta dilatih secara intensif, mulai dari proses pendaftaran akun, instalasi aplikasi Mendeley Desktop, pengelolaan referensi ilmiah, sinkronisasi google scholar, mendeley dan Ms Word hingga sitasi dan bibliografi menggunakan Mendeley.

Sementara itu, Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Abdul Manan menjelaskan, kutipan dan referensi merupakan unsur penting dalam penulisan karya ilmiah dalam dunia akademis.

Pelatihan ini sangat penting bagi dosen dan mahasiswa yang bergelut dalam penulisan karya ilmiah, sebab pengutipan sering kali dilakukan secara manual sehingga pengutipan tersebut tidak sesuai dengan yang ada dalam daftar pustaka.

Menurutnya, dalam praktik sehari-hari baik dosen dan mahasiswa terjebak dalam tindakan plagiasi yang tidak disengaja karena kurang hati-hati dalam membuat sebuah kutipan dan referensi. 

Oleh karena itu, pemanfaatan perangkat lunak atau aplikasi yang berfungsi sebagai citation dan reference manager adalah sebuah kebutuhan dalam kegiatan akademik seperti penggunaan aplikasi Mendeley dalam mengelola kutipan dan referensi.

Ia menjelaskan, mendeley merupakan salah satu aplikasi pengelolaan referensi ilmiah Open Source yang dapat digunakan secara bebas oleh dosen, peneliti, dan mahasiswa untuk mengelola dokumen ilmiah dan referensi ilmiah. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.