Mahasiswa Baru STAIN dibekali Bahasa Asing

oleh -291 views

Meulaboh- Sebanyak 486 Mahasiswa baru Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Teungku Dirundeng Meulaboh mengikuti program materikulasi bahasa Arab dan Bahasa Inggris Selasa, 15 Agustus 2017. di Kampus setempat.

Kegiatan yang digagas Sub Bagian Akademik bersama Language Education and Development Center (LEDC) STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh bertujuan untuk membekali mahasiswa menguasai bahasa asing sebagai modal memulai perkuliahan.

Ketua Panitia Pelaksana yang juga Kepala Pusat Bahasa Tuti Hidayati, M.Ed mengatakan hal tersebut sejalan dengan misi kampus untuk membentuk mahasiswa yang cakap dalam berbahasa asing.

Menurut Tuti penguasaan mahasiswa terhadap bahasa asing akan meningkatkan mutu pembelajaran. Penguasaan bahasa akan memudahkan mahasiswa dalam menemukan literatur dalam bidang ilmu masing-masing secara lebih luas.

“Terlebih bahasa Inggris saat ini merupakan tuntutan di dunia pendidikan secara global.” Ungkapnya.

Lebih lanjut Tuti mengatakan penguasaan mahasiswa terhadap Bahasa Arab juga sangat penting, ini akan memudahkan mahasiswa untuk dalam mengkaji kitab dalam perkuliahan nanti.

Tuti memaparkan dalam program materikulasi tahun ini, beberapa peraturan mulai diperketat termasuk pemberian nilai serta kelulusan. Hasil dari materikulasi juga akan berhubungan langsung dengan kelancaran akademik mahasiswa.

Tuti menambahkan bagi yang tidak mengikuti maka tidak dibenarkan untuk mengambil mata kuliah kedua bahasa tersebut. Sebaliknya bagi mahasiswa yang lulus dengan nilai A maka boleh untuk tidak  mengambil mata kuliah bersangkutan.

Menurut Tuti hal tersebut akan memudahkan mahasiswa untuk mengambil mata kuliah lain dan menyelesaikan kuliah lebih cepat  dan  lulus Cum laude.

“Tentunya Ada reward dan punishment, semua kembali ke mahasiswa.”Pungkasnya. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *