Madrasah Harus Analisa Setiap Masalah

oleh -68 views
Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, Samsul Bahri sedang memberikan arahan pada Rapat Koordinasi dengan Kepala Madrasah Aceh Barat, Senin 6 Juni 2022. (BASAJAN.NET/RAHMAT TRISNAMAL)

BASAJAN.NET, Meulaboh- Untuk meningkatkan kualitas dan memajukan pendidikan di madrasah, setiap madrasah harus melakukan evaluasi dan analisa masalah setiap masalah yang terjadi di madrasah.

“Petakan masalah dan cari solusinya,” kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, Samsul Bahri.

Hal tersebut disampaikan Samsul pada Rapat Koordinasi (Rakor) dengan kepala madrasah Kabupaten Aceh Barat di aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, Senin 6 Juni 2022.

Samsul menyampaikan, untuk menjadikan madrasah yang berkualitas dan maju harus loyal dengan pimpinan dan mendukung setiap program yang dicanangkan, serta terus mengikat kerjasama dengan lembaga internal maupun eksternal.

Samsul berpesan kepada seluruh madrasah Kabupaten Aceh Barat untuk terus melahirkan ide-ide kreatif dalam memajukan pendidikan di Aceh Barat.

“Manfaatkan kerjasama dengan pemerintah daerah dan lembaga lainnya dalam memajukan pendidikan di Aceh Barat,” tambahnya.

Samsul berharap kepada seluruh madrasah untuk menyiapkan peserta Kompetisi Sains Madrasah (KSM) dengan menyeleksi setiap siswa yang berprestasi dan cakap dalam mengikuti kompetisi tersebut, serta menugaskan guru untuk membina siswa tersebut secara berkala.

Sementara itu, Kasubbag Tata Usaha, Suhadi mengatakan, setiap program harus direncanakan sejak awal dan perlu semangat untuk terus bangkit untuk memajukan pendidikan di madrasah.

“Konsep program yang sudah disusun pada RKA-SK sudah fix dan harus dijalankan,” tambahnya.

Selain itu, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, Iswandi menyampaikan, madrasah di Kabupaten Aceh Barat harus memiliki kualitas dalam menerapkan setiap program yang berkualitas dan mampu meraih setiap award yang ada.

Iswandi menjelaskan, hasil dari Rapat Koordinasi di Sabang beberapa waktu lalu, memprogramkan upaya mendigitalisasikan proses belajar mengajar di madrasah. Dalam waktu dekat akan ada tim Program Jelajah Ilmu untuk mensosialisasikan program tersebut.

Pengawas Madrasah Kabupaten Aceh Barat, Hasan Basri mengatakan, tugas dan fungsi kepala madrasah merupakan supervisor setiap proses pembelajaran di madrasah. Oleh karenanya, memasuki proses belajar mengajar (PBM) baru semua madrasah di Kabupaten Aceh Barat harus melakukan supervisi secara serentak.

“Untuk tahap awal akan didampingi oleh pengawas madrasah,” tambahnya.[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.