Kunci Rahasia Gunakan Windows 10

oleh -589 views
windows
FOTO: PIXABAY

BASAJAN.NET, Meulaboh- Bagi anda yang ingin meningkatkan produktivitas dan lebih menghemat waktu dalam mengoperasikan Windows, ada baiknya anda memahami rahasia setiap kunci yang ada di keyboard.

Bagi sebagian orang, keyboard hanya digunakan untuk mengetik saja. Tapi tahukah anda jika di keyboard terdapat beberapa kunci pintasan untuk memudahkan kerja? Bahkan tanpa harus meraih mouse.

Loading...

Adapun beberapa pintasan keyboard yang umum digunakan, seperti Ctrl + C dan Ctrl + V yang berfungsi untuk menyalin dan menempel teks atau gambar pada bagian perkerjaan tertentu. Selain dua pintasan tersebut, berikut beberapa kunci rahasia yang terdapat pada keyboard untuk Windows, seperti dilansir situs Ubergizmo.

 

Menggunakan Kunci Windows

Sebagian besar keyboard komputer dilengkapi dengan kunci Windows, yang secara umum sering digunakan untuk membuka Start Menu. Namun tombol Windows juga dapat berfungsi lebih ketika dikombinasikan dengan tombol-tombol yang lain.

Tombol Win + E dapat berfungsi untuk memunculkan “File Explorer”, tempat anda menelusuri file data di komputer Anda.

Tombol Win + R merupakan pintasan untuk memunculkan jendela “Run” di mana anda dapat mengetikkan nama file yang ingin dibuka, atau aplikasi yang ingin anda jalankan, seperti “calc” untuk kalkulator, “cmd” untuk membuka Command Prompt, atau “mspaint” untuk Microsoft Paint.

Tombol Win + D berfungsi untuk menyembunyikan/menampilkan desktop anda.

Tombol Win + Tab berfungsi untuk memunculkan tampilan layar tugas yang sedang anda buka. Jika anda membuka/menjalankan beberapa layar tugas di desktop, maka anda bisa melihat keseluruhan aplikasi yang terbuka.

Tombol Win + A untuk membuka “Action Center”

Tombol Win + S untuk membuka “Pencarian”, sehingga Anda dapat mencari file atau aplikasi.

Tombol Win + M untuk meminimalkan semua jendela yang terbuka.

Tombol Win + V berfungsi untuk membuka riwayat “clipboard.” Anda dapat melihat semua yang pernah anda salin selama waktu terakhir. Agar kunci ini dapat berfungsi, anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu, dengan masuk ke Pengaturan> Sistem> Clipboard, kemudian aktifkan Sejarah Clipboard.

Tombol Win + titik (.) atau titik koma (;) berfungsi untuk menampilkan jendela emoji, sehingga anda dapat memasukkan emoji ke dalam dokumen yang mungkin tidak menawarkannya.

Tombol Win + Ctrl + Shift + B berfungsi untuk mengaktifkan komputer dari mode tidur atau layar kosong/hitam.

Tombol Win + L untuk mengunci PC Anda dengan cepat, sehingga anda tidak perlu khawatir meninggalkan komputer sementara waktu.

 

Pintasan Windows Umum

Selain menggunakan tombol Win untuk pintasan, ada banyak pintasan berbasis windows lainnya yang dapat anda gunakan untuk membantu pekerjaan anda sedikit lebih mudah dan efisien.

Ctrl + C – Menyalin bagian yang disorot dari teks, atau file, atau gambar.

Ctrl + X – Potong teks, file, atau gambar. Tidak seperti Salin, ini akan menghapus teks / file / gambar dari lokasi saat ini sampai disisipkan di lokasi baru.

Ctrl + V – Tempel teks, file, atau gambar yang disorot di tujuan yang anda pilih.

Ctrl + W – Tutup jendela saat ini. Ini juga berfungsi di browser, Anda dapat menutup tab yang saat ini sedang Anda lihat.

Ctrl + T – Buka tab baru di browser yang anda gunakan.

Ctrl + Tab – Siklus melalui tab di browser Anda

Ctrl + (Number) – Anda dapat dengan cepat melompat di antara tab di browser dengan menekan nomor di mana tab terbuka.

Ctrl + Esc – Buka Start Menu jika keyboard komputer Anda tidak memiliki tombol kunci Windows

Ctrl + Shift + Esc – Jika suatu aplikasi telah macet dan Anda harus keluar secara paksa, pintasan ini akan memunculkan Task Manager.

Alt + Tab – Siklus melalui berbagai jendela yang telah Anda buka.

Alt + Enter – Buka properti file / folder yang telah Anda pilih.

 

Dari sekian banyak kunci pintasan yang ada, setidaknya dapat digunakan untuk memudahkan anda saat menggunakan komputer, menjelajahi web, atau mengetik dokumen.

 

EDITOR: JUNAIDI MULIENG

 

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *