Kini Google Meet Gratis untuk Semua Orang

oleh -271 views
Hangouts Meet
ILUSTRASI/GATLABS.

BASAJAN.NET, Meulaboh- Google akhirnya bermurah hati dengan membuka layanan video conference Meet untuk semua orang. Perusahaan mengumumkan, semua pengguna akun Google bisa memulai meeting virtual di Meet, tanpa harus berlangganan G Suite.

Sebelumnya, video conference di Google Meet hanya bisa digunakan oleh pemilik akun G Suite, baik untuk korporasi atau organisasi edukasi. Sementara pengguna akun Google biasa, hanya bisa bergabung sebagai partisipan.

Loading...

Artinya, saat ini semua pengguna Google bisa menjadi host alias pembuat ruang meeting virtual. Mereka juga bisa mengundang hingga 100 orang tanpa ada batasan waktu.

Hal ini menjadikan Google Meet selangkah lebih keren dibanding Zoom, yang masih memberi batasan pengguna gratisan mengadakan meeting virtual selama 40 menit. Selain itu, kewajiban memiliki akun Google sendiri, bertujuan untuk mempermudah pengendalian penyadapan panggilan saat video conference berlangsung.

Ini merupakan sebuah antisipasi untuk menghindari serangan semacam ‘zoombombing’ yang kerap terjadi di platform Zoom. Adapun fitur ini masih diluncurkan secara bertahap, sehingga belum semua pengguna dapat mencobanya sekarang.

Nantinya, pengguna biasa juga dapat mengakses seluruh fitur yang ada di Google Meet, mulai dari screen sharing hingga real time captions alias subtitle. Google juga menjanjikan platform yang lebih aman, meski gratis untuk lebih banyak orang.

Keputusan menghadirkan layanan Meet secara gratis untuk seluruh pengguna akun Google ini, tidak lepas dari penggunaan video conference yang terus meningkat selama pandemi COVID-19. Banyak perusahaan, universitas, hingga sekolah yang melakukan semua aktivitas secara online di rumah untuk menghindari penularan virus corona.

Selain memberikan akses gratis Google Meet, perusahaan juga meluncurkan varian baru G Suite yang diberi nama G Suite Essentials. Edisi baru ini meliputi seluruh layanan G Suite biasa, termasuk Meet dan Google Drive, tapi tidak dengan Gmail.[]

 

 

SUMBER: KUMPARAN

EDITOR: JUNAIDI MULIENG

 

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *