Kemenag Aceh Barat Seleksi Peserta KSM Provinsi

oleh -56 views
Peserta Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Kabupaten Aceh Barat Tahun 2021, Sabtu 21 Agustus 2021. (BASAJAN.NET/RAHMAT TRISNAMAL)

BASAJAN.NET, Meulaboh- Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat menyeleksi sejumlah siswa madrasah di Kabupaten Aceh Barat untuk diikutsertakan pada kompetisi sains madrasah (KSM) tingkat Provinsi Aceh.

Penyeleksian tersebut dilakukan melalui ajang kompetisi sains madrasah (KSM) tingkat Kabupaten Aceh Barat yang berlangsung hingga 23 Agustus 2021 di lab komputer MAN 1 Aceh Barat dan MTsN 3 Aceh Barat.

“Seluruhnya ada sebelas cabang perlombaan. Tiga orang terbaik setiap cabang lomba akan diikutsertakan di tingkat provinsi,” kata Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, Iswandi, Sabtu 21 Agustus 2021.

Adapun materi kompetisi sains madrasah (KSM) yang dilombakan yaitu, matematika terintegrasi dan IPA terintegrasi untuk tingkat MI/SD. matematika terintegrasi, IPA terpadu terintegrasi dan IPS terpadu terintegrasi untuk tingkat MTs/SMP. 

Sedangkan tingkat MA/SMA terdiri dari, matematika terintegrasi, biologi terintegrasi, fisika terintegrasi, kimia terintegrasi, ekonomi terintegrasi dan geografi terintegrasi. 

Iswandi mengatakan, pelaksanaan kompetisi sains madrasah (KSM) yang dilaksanakan secara dalam jaringan (daring/online) dengan menggunakan sistem computer based test (CBT) tersebut diikuti oleh 145 siswa madrasah, terdiri dari 30 siswa madrasah aliyah (MA), 45 siswa madrasah tsanawiyah (MTs) dan 70 siswa madrasah ibtidaiyah (MI). 

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, Khairul Azhar mengatakan, peserta yang berhasil masuk tiga besar pada setiap cabang lomba nantinya akan dibina secara khusus untuk diikutsertakan kembali pada ajang KSM tingkat Provinsi Aceh. Menurut juknis, kompetisi sains madrasah (KSM) tingkat provinsi akan berlangsung pada 18-20 September 2021 dan tingkat nasional pada 23 Oktober 2021.

Khairul berpesan kepada seluruh madrasah di Kabupaten Aceh Barat untuk menjadikan event kompetisi sains madrasah (KSM) sebagai ajang prestasi mulai di tingkat kabupaten hingga ke tingkat nasional.

“Ini momen bagus, Aceh Barat harus bisa berkompetisi tingkat nasional,” tambahnya.

Helpdesk/proktor KSM Kabupaten Aceh Barat, Khairuddin menyampaikan, pelaksanaan kompetisi sains madrasah (KSM) di Kabupaten Aceh Barat berjalan dengan lancar tanpa ada kendala jaringan ataupun sistem.

“Kita sudah persiapkan secara maksimal. Semoga tidak ada kendala hingga pelaksanaan KSM selesai,” harapnya.[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.