Posko 18 KKN Kebangsaan Bangun Nasionalisme Lewat Sekolah Rakyat

oleh -41 views
Peserta KKN Kebangsaan sedang melangsungkan proses belajar mengajar (PBM), 20 Agustus 2021. (BASAJAN.NET/ISTIMEWA)

BASAJAN.NET, Meulaboh- Merindukan pejuang Indonesia dalam mendidik anak bangsa, Posko 18 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan yang berada di Desa Teluk Majelis, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi, adakan kegiatan Sekolah Rakyat Berwawasan Kebangsaan, Jumat 20 Agustus 2021.

Peserta KKN delegasi Universitas Teuku Umar (UTU)  yang juga penanggung jawab program, Dian Saputra, mengatakan kegiatan yang dijuluki sekolah rakyat ini mengambil nuansa pembelajaran pra kemerdekaan, dengan tujuan menumbuhkan mental pejuang, serta menumbuhkan rasa nasionalisme kepada anak-anak. 

Secara konteks sekolah ini hampir sama seperti sekolah pada umumnya, namun lebih dikhususkan tentang pentingnya pengetahuan menjaga pancasila. Selain pelajaran umum, seperti matematika, juga mengajarkan berbagai macam budaya di Indonesia.

Dian menambahkan, program ini mendapatkan dukungan dari pemerintah desa dan anak-anak peserta didik. Sehingga diharapkan dapat menjadi salah satu program unggulan di KKN Kebangsaan tahun ini.

Sementara itu, Ervan Johan Wicaksana yang merupakan dosen pembimbing lapangan mendukung penuh kegiatan yang berbasis kebangsaan dan pendidikan tersebut. Menurutnya, sebagai peserta KKN Kebangsaan harus memberikan cerminan indahnya ragam Kebangsaan kepada penduduk sekitar.[]

________

EDITOR : RAHMAT TRISNAMAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *