Kemenag Aceh Barat Bina Forum Guru PAI

oleh -1.448 views
IMG 20191206 224117
Kepala Kankemenag Kabupaten Aceh Barat, Khairul Azhar saat menyampaikan kata sambutan pada Workshop Pembinaan dan Pemberdayaan KKG dan MGMP PAI Kabupaten Aceh Barat, Kamis 5 Desember 2019. (BASAJAN.NET/RAHMAT TRISNAMAL)

BASAJAN.NET, Meulaboh- Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat memberi pembinaan kepada sejumlah Guru Pendidikan Agama Islam Kabupaten Aceh Barat, Kamis 5 Desember 2019.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Barat, Ridwan Yahya di aula Kantor Kementerian Agama setempat.

Loading...

Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam, Iswandi mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kinerja guru PAI dalam mengelola forum guru sebagai wadah pembelajaran. 

Workshop Pembinaan dan Pemberdayaan Kelompok Kerja Guru (KKG) dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP)Pendidikan Agama Islam ini, diikuti 30 peserta. Terdiri dari 15 guru perwakilan forum KKG PAI Sekolah Dasar (SD), dan 15 guru PAI perwakilan forum MGMP PAI Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Iswandi menyampaikan, saat ini pengawas PAI di Kabupaten Aceh Barat masih sangat kurang dibandingkan dengan jumlah Guru PAI. Menurut data, guru PAI saat ini berjumlah 471 orang. Terdiri dari 52 guru PAI TK, 298 guru PAI SD, 73 guru PAI SMP, 32 guru PAI SMA dan 16 guru PAI SMK.

Hal tersebut berbanding terbalik dengan pengawas, yang berjumlah hanya lima orang. Iswandi menyebutkan, paling tidak pihaknya memerlukan penambahan empat tenaga pengawas.

“Dua orang untuk tingkat SD dan dua orang lagi tingkat SMP,” pinta Iswandi Kepada Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Barat, Ridwan Yahya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, Khairul Azhar mengatakan, dalam meningkatkan mutu pendidikan, forum KKG dan MGMP harus mencari informasi terkait permasalahan pendidikan dengan melibatkan berbagai unsur. Mulai dari siswa, masyarakat, sesama guru, tokoh pendidikan dan unsur terkait lainnya.

“Jangan mencari informasi satu arah dari guru saja. Jika itu terjadi, tentu hanya keinginan guru yang dipaksakan kepada siswa,” ujarnya.

Lebih lanjut Khairul menjelaskan, informasi permasalahan yang didapatkan dari berbagai unsur tersebut, akan melahirkan berbagai inovasi program KKG dan MGMP untuk meningkatkan mutu pendidikan.

Ia mengatakan, tahun 2020, pembinaan guru PAI akan terus ditingkatkan dan dikembangkan dengan berbagai pola dan inovasi baru yang dapat meningkatkan mutu guru dan pendidikan.

Khairul berharap, workshop tersebut memberikan gambaran bagi guru dalam mendesain forum KKG dan MGMP sebagaimana diharapkan stakeholder pendidikan. Terutama Pendidikan Agama Islam.[]

 

WARTAWAN: RAHMAT TRISNAMAL

EDITOR: JUNAIDI MULIENG

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *