HIMA-KPI dan ADC Roadshow di STAIN Dirundeng Meulaboh

oleh -111 views
HIMA-KPI dan ADC Roadshow di STAIN Dirundeng Meulaboh
Roadshow ADC 2023 di STAIN Dirundeng Meulaboh, Senin 10 Juli 2023. (BASAJAN.NET/DOK PANITIA).

BASAJAN.NET, Meulaboh- Himpunan Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam (HIMA-KPI) bekerjasama dengan Aceh Documentary Competition (ADC) menggelar roadshow di Aceh Barat. 

Roadshow yang  berlangsung di aula lantai tiga gedung Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Senin, 10 Juli 2023 itu, diikuti puluhan mahasiswa.

Kepala Departemen Pendidikan ADC, Azhari menyampaikan, Roadshow ADC 2023 bertujuan untuk menjaring calon sineas muda dari kalangan anak muda Aceh, khususnya dari kalangan mahasiswa.

“Pada roadshow ini kami memperkenalkan karya-karya anak muda Aceh yang tembus di ADC dan mencari generasi penerus setiap tahunnya,” tutur Azhari.

Menurutnya, dokumenter adalah salah satu cara kreatif memvisualisasikan dokumen untuk dilihat oleh orang lain.

Sementara itu, Sekretaris Prodi KPI, Ulfa Khairina dalam sambutannya menyampaikan, ADC merupakan kegiatan positif bagi mahasiswa dalam mempersiapkan masa depan dengan berkompetisi.

“Berkompetisi bagian dari percaya diri, menambah daftar pengalaman yang dicantum dalam CV, membangun koneksi, dan melatih sportivitas,” ungkapnya.

Program studi KPI merespon baik penjaringan sineas muda yang dilakukan ADC. Saat ini, Prodi KPI STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh telah memiliki 12 alumni hasil binaan ADC.

Selain pemaparan tentang program ADC, roadshow juga diisi dengan pemutaran dua film karya finalis tahun-tahun sebelumnya. Film pertama berjudul “Naseb Pejuang” karya Siti Aisyah dan Hasrina Febrianti, berkisah tentang nasib mantan kombatan saat ini. 

Sedangkan film kedua berjudul “Seugupai Harapan”, karya Muhammad Noza dan Revina Rahayu, yang berkisah tentang anak bibir sumbing yang mendapat perlakuan diskriminasi di dalam masyarakat.

Usai pemutaran film, para peserta mengikuti  coaching clinik untuk membahas dan mempertajam ide film yang telah direncanakan.

Roadshow ini juga diharapkan menjadi solusi dalam tiap masalah dari hasil dokumenter.

“Semoga dengan karya sederhana dokumenter bisa menjadi solusi dari masalah kehidupan sehari-hari,” harap Nabila Rusadi, salah satu peserta dari Roadshow ADC 2023.[]

PENULIS: ULFA KHAIRINA

EDITOR: JUNAIDI MULIENG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.