Fakultas Tarbiyah UIN Ar-Raniry Yudisium 517 Sarjana

oleh -1.013 views
IMG 20190820 WA0046

BASAJAN.Net, Banda Aceh – Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh meluluskan 517 sarjana strata satu (S1) pada semester genap tahun akademik 2018/2019. Kegiatan tersebut berlangsung di Auditorium Prof Ali Hasjmy, Kopelma Darussalam, Selasa 20 Agustus 2019.

Ketua Panitia Yudisium FTK, Mustafa dalam laporannya menyebutkan, FTK UIN Ar-Raniry pada semester genap tahun akademik 2018/2019 mampu meluluskan sebanyak 517 sarjana S1, yang terdiri dari 126 Laki-laki dan 391 perempuan, atau 24.37 persen laki-laki dan 75.63 persen perempuan.

Loading...

Mustafa menambahkan, 517 lulusan tersebut merupakan lulusan dari 13 program studi yang ada di bawah FTK UIN Ar-Raniry, yakni prodi Pendidikan Agama Islam sebanyak 55 orang, Pendidikan Bahasa Arab 70 orang, Pendidikan Bahasa Inggris 60 orang, Pendidikan Fisika 29 orang, Pendidikan Matematika 56 orang, Manajemen Pendidikan Islam 39 orang, Pendidikan Biologi 57 orang, Pendidikan Kimia 60 orang, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 45 orang, Pendidikan Islam Anak Usia Dini 8 orang, Pendidikan Teknik Elektro 9 orang, Pendidikan Teknologi Informasi 13 orang, dan Prodi Bimbingan Konseling sebanyak 16 orang.

“Semua lulusan tersebut telah menyelesaikan serangkaian syarat-syarat akademik yang diwajibkan oleh FTK UIN Ar-Raniry, dari 13 prodi pada FTK UIN Ar-Raniry yang terbanyak meluluskan sarjana tahun ini adalah prodi PBA sebanyak 70 orang atau 13.54 persen,” ujar Wakil Dekan I FTK.

Mustafa menambahkan, dilihat dari kategori predikat yudisium bahwa yang dinyatakan lulus dengan predikat istimewa sebanyak 177 orang, baik sekali sebanyak 286 orang, predikat baik 51 orang dan predikat cukup sebanyak tiga orang.

Sementara itu Dekan FTK UIN Ar-Raniry, Muslim Razali mengatakan, bahwa prosesi yudisium ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh FTK UIN Ar-Raniry pada setiap semester, oleh sebab itu setiap tahunnya jumlah alumni pun terus bertambah, menurut data panitia yudisium dalam kurun waktu 22 tahun terakhir FTK telah meluluskan 18.868 alumni.

“Fakultas Tarbiyah dan Keguruan telah berusia 56 tahun dengan jumlah alumni mencapai 18.868 orang, ini pada satu sisi menunjukkan bahwa proses pendidikan di lembaga ini berjalan dengan baik, dan pada sisi lain dengan bertambahnya alumni merupakan suatu potensi yang dapat membantu pengembangan dan kemajuan lembaga di masa mendatang,” ujarnya.

Dekan berpesan kepada alumni, senantiasa meningkatkan integritas moral, kapasitas intelektual dan kualitas spiritual, sehingga keberadaan alumni UIN Ar-Raniry hendaknya dapat memberikan pencerahan bagi masyarakat dalam upaya pengembangan ilmu yang telah dimiliki.

Pada yudisium tersebut juga disampaikan orasi ilmiah oleh Dr. Intan Afriati, S.Ag., M.Ag dengan judul Aktualisasi Penggunaan Instructional Technology Di Perguruan Tinggi (Pemanfaatan Smartphone dalam Proses Pembelajaran). []

 

EDITOR: JUNAIDI MULIENG

 

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *