Dosen FAH UIN Ar-Raniry Latih Pengelola Perpustakaan di Bireuen

oleh -50 views
Dosen FAH UIN Ar-Raniry Beri Pendidikan Optimalisasi Perpustakaan di Bireuen
Pengelola Perpustakaan MTsN 1 Bireuen dibekali pelatihan tentang pengelolaan perpustakaan berbasis IT oleh tim pendamping Prodi Ilmu Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh. (BASAJAN.NET/ISTIMEWA).

BASAJAN.NET, Banda Aceh- Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh, menggelar roadshow perpustakaan di Kabupaten Bireuen, pada 29 Juni hingga 2 Juli 2021, di Aula SKB Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat.

Kegiatan kolaborasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bireuen ini, bertujuan memberikan pendidikan tentang optimalisasi penerapan teknologi informasi perpustakaan sekolah/madrasah di Kabupaten Bireuen. 

Ketua Prodi Ilmu Perpustakaan, Nurhayati Ali Hasan mengatakan, roadshow bertajuk optimalisasi penerapan teknologi informasi di perpustakaan sekolah/madrasah merupakan bagian dari pengabdian masyarakat dosen di prodi tersebut.

Nurhayati menyampaikan, kegiatan tersebut dalam rangka meningkatkan kualitas perpustakaan sekolah/madrasah sebagai pusat informasi dan learning centre yang terkelola secara baik dan modern.

Sebagai satu-satunya Prodi Ilmu Perpustakaan yang ada di Aceh, pihaknya berkomitmen untuk melakukan pendampingan dan pengembangan perpustakaan di Aceh, serta memastikan pembinaan dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) perpustakaan pada lembaga pendidikan.

Menurut Nurhayati, perpustakaan menjadi salah satu pilar penting bagi penyelenggaraan pendidikan di semua tataran dan tingkatan lembaga pendidikan. Baik pendidikan dasar, menengah maupun pendidikan tinggi.

Karenanya, ia berpendapat, sudah seharusnya semua lembaga pendidikan dan pemerintah, termasuk Prodi Ilmu Perpustakaan menaruh perhatian bagi pengelolaan dan pengembangan perpustakaan. Baik dari ketersediaan koleksi, pelayanan terhadap pemustaka, manajemen, penerapan teknologi dan sumber daya manusia yang andal.

“Ini menjadi salah satu alasan mengapa optimalisasi penerapan TI di Perpustakaan ini penting dilaksanakan,” kata Nurhayati Ali Hasan. []

EDITOR: JUNAIDI MULIENG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.