Dosen dan Tendik STAIN Meulaboh Lulus PPSL 2022

oleh -136 views
Dosen dan Tendik STAIN Meulaboh Lulus PPLS 2022
Nurul Hidayah, Rena Juliana, Suci Annisa Tiara. (BASAJAN.NET/KOLASE).

BASAJAN.NET, Meulaboh- Dua dosen dan satu tenaga kependidikan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Teungku Dirundeng Meulaboh, lulus Program Persiapan Studi Lanjut (PPSL) S2 dan S3 Luar Negeri Tahun 2022.

Berdasarkan pengumuman yang dikeluarkan Kementerian Agama RI pada Selasa, 1 November 2022, nama-nama yang lolos PPLS tahun 2022 dari STAIN Teungku Dirundeng, yaitu Nurul Hidayah, dan Rena Juliana dengan Perguruan Tinggi Penyelenggara (PTP) tempat studi UIN Sultan Syarif Kasim Riau.

Keduanya merupakan dosen Prodi Tadris Bahasa Inggris pada Jurusan Tarbiyah dan Keguruan. Sementara Suci Annisa Tiara, PTP tempat studi di UIN SM Hasanuddin Banten.

PPSL merupakan program Beasiswa Non Gelar yang diselenggarakan oleh Project Management Unit (PMU) 5000 Doktor Kementerian Agama (Kemenag) RI, bekerjasama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM, ilmu pengetahuan, teknologi bagi alumni, dosen, pegawai PTK dan Kementerian Agama Pusat. Mempersiapkan calon dosen unggulan melalui pembibitan yang dipersiapkan untuk lanjut studi Luar Negeri.

Selain itu, juga untuk menunjang program peningkatan kualitas penulisan ilmiah dari para dosen di PTK sesuai dengan waktu dan sasaran yang ditentukan.

Program Perkuliahan akan berlangsung pada 7 November 2022 – 27 Januari 2023. Adapun kurikulum program terdiri dari, menyusun proposal riset dengan durasi 25 %, kemahiran Bahasa Inggris/Arab dengan durasi 45 %.

Tips meraih beasiswa, pengenalan budaya seluk-beluk studi di luar negeri, dan sharing info session dengan durasi 15 %. Peningkatan Profesionalisme Dosen dan Jejaring dengan durasi 5 % dan Wawasan Kebangsaan dan Moderasi Beragama dengan durasi 10 %.

Ketua STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Inayatillah, menyampaikan, turut bahagia atas keberhasilan dosen dan tenaga kependidikan STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh dalam bersaing di tingkat nasional pada program PPSL 2022.

Inayatillah mengatakan, peningkatan kompetensi dan kapasitas dosen dan tenaga kependidikan melalui PPSL, akan berdampak langsung pada peningkatan mutu STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh.

“Ini menunjukkan, STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh memiliki SDM potensial dan menjadi modal utama untuk perubahan bentuk menjadi IAIN,” ungkap Inayatillah, Rabu, 2 November 2022. (*)

===================================

EDITOR: JUNAIDI MULIENG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.