Cara Perbaiki Hasil Pencarian Google

oleh -443 views
Google
ILUSTRASI/PIXABAY

BASAJAN.NET, Meulaboh- Cara termudah melakukan pencarian di Google adalah dengan mengetikkan sesuatu yang kita cari, tekan enter, maka mesin pencarian akan menampilkan hasil apa yang kita cari. Namun ada kalanya, hasil pencarian yang ditampilkan Google tidak sesuai atau bahkan tidak ditemukan, terlebih untuk hal yang lebih spesifik.

Berikut beberapa tips dan trik cara memperbaiki pencarian di Google, agar hasil yang ditampilkan lebih relevan dengan apa yang kita inginkan.

Loading...

 

Gunakan Kutipan untuk Mencari Frasa yang Tepat

Jika kita mencari lirik lagu, baris dalam buku atau puisi, ada kata-kata tertentu terlalu umum yang dapat memengaruhi pencarian, seperti “dan”, “atau”, “mereka”, dan sebagainya. Jika kita mencoba mencari frasa yang sangat spesifik, maka penggunaan “kutipan” dalam istilah pencarian akan membuat Google mencari frasa yang tepat.

Menggunakan kutipan akan memaksa Google hanya menampilkan hasil dengan kata-kata atau frasa yang dikutip dalam prioritas.

 

Mencari Situs Web Tertentu

Google menghasilkan pencarian dari berbagai situs web, namun terkadang yang ditampilkan bukan situs web yang kita inginkan. Misalnya, jika anda mencoba menemukan artikel dari situs web seperti Basajan, cukup gunakan fungsi “site:”, seperti “site: Basajan.net Feature” dan Google akan mencantumkan semua halaman di Basajan.net untuk artikel yang berkaitan dengan Feature.

Scree 1

Mencari Situs Web Terkait

Seandainya Basajan.net tidak memiliki artikel yang anda cari, namun berharap dapat menemukannya pada situs yang lain, anda dapat menggunakan istilah “related:” atau “terkait”.

Misalnya, “terkait: Basajan.net” maka Google akan mencoba menemukan situs web yang serupa atau terkait.

 

Mencari Dalam Berbagai Bilangan

Katakanlah kita sedang mencoba menemukan rentang angka, seperti harga untuk penginapan atau tiket liburan ke satu daerah, maka kita dapat menggunakan “..” untuk menentukan rentang yang ingin kita cari. Misalnya, “liburan ke Sabang Rp 150.000 .. Rp 500.000” dan Google akan mencoba mencari situs web dan daftar informasi tentang liburan ke Sabang dengan kisaran biaya Rp 150.000 hingga Rp 500.000.

Screen 2

 

Menggabungkan Pencarian

Jika tidak menemukan apa yang kita cari, maka kita dapat mencoba menggunakan kata atau frasa yang berbeda. Namun untuk menghemat waktu, kita juga bisa memasukkan beberapa pencarian yang dapat bertindak sebagai pencarian alternatif untuk memunculkan lebih banyak hasil.

Kita dapat melakukannya dengan menggunakan “ATAU”, misalnya, kita bisa mencari “rumah ATAU toko dijual”.

 

Mencari Versi Cache Suatu Situs

Terkadang halaman web yang kit acari tidak ada lagi, atau telah dipindahkan, tetapi berkat upaya Google dalam pengarsipan dan cache web, memungkinkan kita untuk mengambil versi cache dari situs web tertentu dengan mengetik “cache:” diikuti alamat situs web.

 

Temukan Situs Web dengan Kata Tertentu di Alamatnya

Jika anda ingin mencari lembaga atau situs web tertentu, namun lupa Namanya, atau tidak anda ingat tapi tidak yakin situs tersebut menggunakan .net, .org, atau .com. Dengan menggunakan “inurl:” diikuti oleh kata, Google akan menampilkan daftar situs web yang memiliki kata dalam URL-nya. Ini akan bermanfaat jika anda mencoba menemukan alamat situs yang mungkin mengandung istilah yang agak umum.

 

Munculkan Peta di Hasil Pencarian

Kita bisa saja menggunakan Google Maps untuk menemukan peta suatu lokasi, namun jika ingin cepat, kita bisa mengetik “peta:” diikuti lokasi atau area. Hal itu akan memunculkan peta dalam hasil pencarian kita.

Screen 4

Definisikan Kata

Untuk mendefinisikan satu kata yang tak anda ketahui maknanya cukuplah mudah. Cukup “define:” atau “definisi:” diikuti oleh kata yang hendak anda cari, dan Google akan menampilkan informasi pada halaman pencarian utama.

 

Konverter Mata Uang Instan

Ada banyak situs web yang dapat digunakan untuk mengkonversi satu mata uang ke mata uang lain. Tapi jika kita menginginkan sesuatu dengan cepat, hanya untuk mendapatkan gambaran kasar tentang seberapa banyak mata uang itu dikonversi, Google juga dapat melakukannya. Kita hanya perlu mengetik nilai mata uang yang ingin kita tahu diikuti dengan “to” dan kemudian mata uang yang ingin dikonversi, seperti “$ 1 to Rp”.

Screen 5

Itulah beberapa tips dan trik untuk mempermudah pencarian yang bisa anda gunakan. Ada banyak cara berbeda untuk mempersempit hasil pencarian kita di Google untuk mendapatkan hasil pencarian yang lebih baik dan relevan dengan apa yang kita cari.[]

 

 

EDITOR: JUNAIDI MULIENG

 

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *