Aceh Barat Uji Kualitas Calon Kepala Madrasah

oleh -27 views
Aceh Barat Uji Kualitas Calon Kepala Madrasah
Sejumlah guru madrasah di Kabupaten Aceh Barat mengiktui asesmen calon kepala madrasah di aula Kemenag setempat, Rabu, 6 Oktober 2021. (BASAJAN.NET/RAHMAT TRISNAMAL)

BASAJAN.NET, Meulaboh- Guna menyiapkan calon kepala madrasah yang bermutu dan berkualitas, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Aceh Barat melakukan asesmen kepada sejumlah guru di daerah itu.

Asesmen yang berlangsung di kantor Kemenag Kabupaten Aceh Barat, Rabu, 6 Oktober 2021 itu, diikuti sepuluh guru madrasah.

Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Kabupaten Aceh Barat, Iswandi mengatakan, asesmen dilakukan kepada guru yang sudah memiliki sertifikasi, dengan pangkat minimal III/c, pendidikan S1, dan usia maksimal 55 tahun.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Aceh Barat, Khairul Azhar mengatakan, asesmen dilakukan untuk menyiapkan tenaga manajerial andal dan berkualitas, serta mampu membangun dan meningkatkan mutu madrasah.

Khairul menyampaikan, jika sewaktu-waktu mengalami kekosongan kepala madrasah, maka guru yang sudah diasesmen bisa langsung ditempatkan untuk mengisi jabatan tersebut.

“Sebab salah satu syarat menjadi kepala madrasah adalah asesmen,” lanjutnya.

Pada saat asesmen para peserta diuji melalui empat jenis tes, yaitu wawancara rekam jejak, tes manajerial/kepemimpinan, tes baca Alquran dan ujian melalui sistem Computer Assisted Test (CAT), yang diuji langsung Kanwil Kemenag Aceh.

Menurut Khairul, saat ini pendidikan Aceh Barat sangat membutuhkan tenaga yang berkinerja tinggi, karenanya diperlukan asesmen terhadap calon kepala madrasah untuk menciptakan standar pendidikan yang lebih baik.

“Semoga Aceh Barat memiliki suplai kepala madrasah yang terbaik,” harapnya. []

—————————————————————————————-

Wartawan: Rahmat Trisnamal/Zulfan Marlian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.