4.568 Mahasiswa UIN Ar-Raniry Ikut PBAK

oleh -1.167 views
IMG 20190827 WA0024

BASAJAN.Net, Banda Aceh- Sebanyak 4.568 Mahasiswa Baru (Maba) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh mengikuti kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) tahun 2019.

Kegiatan yang berlangsung hingga 28 Agustus 2019 tersebut dibuka langsung oleh Rektor UIN Ar-Raniry, Warul Walidin di Lapangan Bola Kaki UIN Ar-Raniry, Senin 26 Agustus 2019.

Loading...

Rektor UIN Ar-Raniry, Warul Walidin dalam sambutannya mengatakan, kegiatan PBAK tersebut dilaksanakan dalam rangka pengenalan budaya akademik dan suasana perkuliahan di kampus UIN Ar-Raniry.

“Salah satunya adalah bagaimana mahasiswa yang baru memulai perkuliahan, dapat memahami norma-norma akademik dan sistem perkuliahan yang berlaku di UIN Ar-Raniry,” ujarnya.

Menurut Rektor, sistem perkuliahan di UIN Ar-Raniry berbeda dengan apa yang dijalankan selama di sekolah. Oleh karenanya, perlu ada pengarahan dan pengenalan sistem-sistem, serta aplikasi akademik yang berhubungan langsung dengan  proses perkuliahan.

Warul menambahkan, selain belajar formal di bangku kuliah, di UIN Ar-Raniry juga banyak kegiatan-kegiatan non-formal lainnya yang dapat diikuti oleh setiap mahasiswa. Seperti kegiatan ekstra kurikuler pada unit kegiatan mahasiswa (UKM/UKK) yang meliputi bidang kesenian, olahraga, dan bidang lainnya.

Ia berharap kepada mahasiswa baru untuk serius dalam mengikuti perkuliahan, dengan menjadikan kuliah sebagai tujuan utama. 

“Tujuan utama ke kampus adalah untuk mendapat ilmu pengetahuan dibangku kuliah, dan itu merupakan harapan dari semua orangtua kita,” kata Warul Walidin.

Sementara itu Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama, Saifullah Idris mengatakan, mahasiswa baru UIN Ar-Raniry akan mengikuti PBAK selama tiga hari dan akan diberikan berbagai materi tentang budaya akademik.

Di hari pertama, pada pembukaan, diisi dengan orasi ilmiah, pengenalan unit kegiatan mahasiswa di lingkungan UIN Ar-Raniry. Selanjutnya diserahkan kepada panitia di tingkat fakultas dan dilanjutkan pengenalan sistem perkuliahan oleh panitia pada masing-masing program studi.

“Sedangkan hari terakhir, peserta PBAK diserahkan kembali kepada panitia universitas untuk dilakukan penutupan seluruh rangkaian kegiatan PBAK,” jelas Saifullah.

Orasi ilmiah pada PBAK tersebut disampaikan oleh Pamen Ahli Kodam Iskandar Muda, Kosasih.

Dalam paparannya, Kosasi mengajak mahasiswa baru untuk fokus dalam menuntut ilmu di bangku kuliah. 

“Jangan sia-siakan kesempatan, sebab masih banyak yang ingin kuliah namun belum ada kesempatan seperti yang telah dinyatakan lulus tahun ini,” ucapnya kendati mengingatkan.

Pada pembukaan kegiatan tersebut turut hadir, Pamen Ahli Kodam IM, Yunardi. Wadir Binmas Polda Aceh, Arsyad. Anggota DPRA, Iskandar Usman Al-Farlaky, yang juga alumni UIN Ar-Raniry, serta sejumlah pejabat lainnya dan pimpinan di Lingkungan UIN Ar-Raniry. []

 

EDITOR: RAHMAT TRISNAMAL

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *