Wali Nanggroe Minta Optimalisasi Perbankan Syariah

oleh -459 views
WhatsApp Image 2019 11 24 at 20.07.55
Wali Nanggroe Aceh, Malik Mahmud Al Haytar saat menerima audiensi pejabat BNI Syariah Aceh di Kediaman Wali Nanggroe, Sabtu 23 November 2019. (BASAJAN.NET/ISTIMEWA)

BASAJAN.NET, Banda Aceh – Wali Nanggroe Aceh, Malik Mahmud Al Haytar meminta agar penerapan perbankan Syariah di Aceh lebih ditingkatkan. Ia menyampaikan, penerapan syariat Islam harus dioptimalkan dalam semua sendi kehidupan, termasuk di bidang perbankan.

“Syariah tidak boleh dimaknai secara parsial, tapi harus menyeluruh di segala bidang, baik ekonomi, politik, sosial budaya, dan lingkungan hidup,” ujar Malik Mahmud, saat menerima audiensi pejabat BNI Syariah Aceh di Kediaman Wali Nanggroe, Sabtu 23 November 2019.

Loading...

Menurutnya, syariah bukan berarti cambuk atau hukuman saja, tapi juga mengatur seluruh tatanan kehidupan secara adil dan transparan.

“Islam itu universal. Sayangnya justru negara yang non Islam yang menerapkan prinsip-prinsip Islami. Sedangkan kita masih jauh tertinggal dalam aplikasi, meskipun piawai dalam dalam teori,” katanya.

Sementara itu, Direktur Utama BNI Syariah, Abdullah Firman Wibowo menjelaskan, saat ini BNI Syariah juga mengadakan pengelolaan infaq, sadaqah dan zakat yang nantinya akan digunakan sebagai wakaf bagi masyarakat.

“Umpamanya dengan mengelola tanah wakaf untuk kemudian membangun Rumah Sakit gratis yang operasionalnya bersumber dari infaq dan sadaqah,” kata Abdullah.

Pada kesempatan tersebut, Abdullah juga menjelaskan peluang dan tantangan Perbankan Syariah di masa-masa mendatang. Di Aceh, kata Abdullah, BNI Syariah memiliki banyak keterkaitan dengan pembangunan, khususnya karena Aceh menerapkan Qanun Perbankan Syariah.

Selain Abdullah, dari BNI Syariah turut hadir pula, Moh. Samson (Pemimpin Divisi), Budi Aristianto (Pemimpin Divisi), Agus Sutantio (Ketua), dan Himawan Dwi Saputro (Deputy Regional Head Wilayah Barat).[]

 

EDITOR : RAHMAT TRISNAMAL

 

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *