Ujian Berbasis TIK MTsN1 Aceh Barat Berjalan Lancar

oleh -1.064 views
IMG 20191204 135053
Siswa MTsN 1 Aceh Barat sedang mengikuti ujian semester berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Selasa 3 Desember 2019. (BASAJAN.NET/ISTIMEWA)

BASAJAN.NET, Meulaboh- Pelaksanaan ujian semester berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Aceh Barat berjalan lancar. Ini merupakan kali pertama ujian semester berbasis komputer dan android dilakukan di sekolah tersebut, menggunakan sistem computer based test (CBT).

Kepala MTsN 1 Aceh Barat, Asmanidar mengatakan, pihaknya sempat ragu dengan kelancaran pelaksanaan ujian berbasis komputer dan android. Karena sebelumnya ujian semester pada madrasah tersebut masih menggunakan ujian berbasis pensil dan kertas.

Loading...

“Alhamdulillah semua siswa bisa mengerjakan soal dengan baik dan ujian berjalan dengan lancar,” ucap Asmanidar, Selasa 3 Desember 2019.

Asmanidar mengungkapkan, pelaksanaan ujian berbasis komputer dan android sangat mempermudah dan menghemat waktu. Selesai ujian, para siswa dapat melihat nilainya secara langsung.

“Karena kita perdana, jadi kita harus mempersiapkan dan mengkondisikan jaringan wifi, serta menambah routernya, agar jangkauan jaringan lebih luas,” jelasnya.

Asmanidar menambahkan, sebelumnya pihaknya juga telah melakukan rapat bersama orangtua siswa, terkait pelaksanaan ujian berbasis komputer dan android untuk membahas keterbatasan perangkat yang ada di sekolah.

Keinginan tersebut mendapat respon yang baik dari para orangtua siswa, dengan mendukung menyediakan laptop atau android bagi siswa.

“Kami juga tidak memaksakan harus ada. Jika tidak punya, tidak apa-apa juga, tidak perlu dibeli, nanti kita bisa menggunakan smartphone gurunya,” ucap Asmanidar mengulang kata-katanya saat menyampaikan kepada orangtua siswa.

Sementara itu, panitia pelaksana, Dewi Wahyuni menyebutkan, ada sebelas mata pelajaran yang diujikan untuk semua tingkat, yaitu quran hadits, fiqih, akidah akhlak, sejarah dan kebudayaan Islam. Bahasa Arab, bahasa Indonesia, matematika, ilmu pengetahuan alam, bahasa Inggris, ilmu pengetahuan sosial, dan pendidikan kewarganegaraan.

Ujian tersebut diikuti 260 siswa MTsN 1 Aceh Barat. Terdiri dari terdiri dari 87 siswa kelas VII, 95 siswa kelas VIII, dan 78 siswa kelas IX. Pelaksanaan ujian semester dilaksanakan mulai 2-14 Desember 2019.[]

WARTAWAN: RAHMAT TRISNAMAL
EDITOR: JUNAIDI MULIENG

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *