STAIN Meulaboh Adakan Rekrutmen dan Pelatihan Auditor

oleh -79 views
STAIN Meulaboh Adakan Rekrutmen dan Pelatihan Auditor
Sebanyak 20 dosen dari STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh dan STIMI Meulaboh mengikuti proses rekrutmen dan pelatihan auditor mutu internal di aula gedung Syariah dan Ekonomi Islam STAIN Teungku Dirudeng Meulaboh, Senin, 1 November 2021. (BASAJAN.NET/DOC. STAIN MEULABOH).

BASAJAN.NET, Meulaboh- Guna mengoptimalkan pelaksanaan Audit Mutu Internal, Pusat Penjaminan Mutu (P2M) Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Teungku Dirundeng Meulaboh mengadakan rekrutmen dan pelatihan auditor baru.

Kegiatan yang berlangsung 1-2 November 2021 di aula gedung Syariah dan Ekonomi Islam tersebut, menghadirkan M. Aman Yaman dari Universitas Syiah Kula (USK) Banda Aceh.

Rekrutmen dan pelatihan auditor mutu internal ini diikuti 20 peserta, terdiri dari 15 dosen STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh dan lima dosen dari Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Indonesia (STIMI) Meulaboh.

Ketua STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Inayatillah dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan proses penyegaran mengenai SPMI untuk menciptakan dan mengembangkan budaya mutu di lingkungan kampus itu.

Inayatillah menjelaskan, perguruan tinggi harus menyusun standar pendidikan yang dapat melampaui Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN Dikti). Hal tersebut bisa bersifat vertikal (kualitatif) dan horisontal (kuantitatif).

“Bagi program studi tertentu, wajib mengacu dan menginternalisasi peraturan perundangan yang relevan,” ujarnya.

Inayatillah menginstruksikan, ke depan setiap kegiatan yang diadakan masing-masing unit kerja harus disertakan dengan bukti dokumen yang lengkap. Karenanya ia meminta, setelah kegiatan tersebut dapat melahirkan satu standar isi dokumen yang seragam.

“Tidak hanya sekedar mencatat peristiwa, tetapi perlu ada mekanisme pengendalian dan kontrol yang bisa diakui secara legal,” terangnya.

Siapkan Auditor Andal

Sementara itu, Kepala P2M STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Amrizal Hamsa mengatakan, rekrutmen dan pelatihan tersebut bertujuan untuk menyiapkan auditor andal, dan untuk memenuhi kecukupan jumlah auditor yang dimiliki STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh saat ini.

Amrizal menyampaikan, selama dua hari, peserta akan dibekali materi tentang pemahaman kebijakan SPMI dan pelaksanaan AMI dalam siklus PPEPP, pemahaman pengukuran IKU dan IKT, syarat, tugas, dan peran auditor, perencanaan dan pelaksanaan Audit Mutu Internal (AMI), penyusunan check list pertanyaan AMI dan identifikasi ketidaksesuaian/temuan AMI, penyusunan laporan AMI,

“Untuk mengoptimalkan hasil pelatihan, peserta juga diarahkan untuk praktik menyusun check list pertanyaan AMI dan persiapan instrumen visitasi dan praktik Audit Mutu Internal/visitasi,” kata Amrizal.

Ia berharap, usai kegiatan tersebut para auditor baru siap untuk diterjunkan dalam proses audit kinerja akademik dan kinerja unit periode berikutnya.[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.