Seribu Lebih Pendaftar Jalur SPAN Pilih STAIN Meulaboh

oleh -908 views
Herman
Plt. Wakil Ketua Bidang Akademik dan Kelembagaan STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Herman. (BASAJAN.NET/NURUL FAHMI).

BASAJAN.NET, Meulaboh- Jumlah peminat Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Teungku Dirundeng Meulaboh, tiap tahunnya terus meningkat. Seperti halnya tahun ini, jumlah pendaftar mencapai 1.119 calon mahasiswa baru, melalui jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN).

Plt. Wakil Ketua Bidang Akademik dan Kelembagaan STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Herman mengatakan, keseluruhan jumlah calon mahasiswa tersebut terbagi dalam dua pilihan. Pada pilihan PTKIN I yang memilih STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh 285 calon mahasiswa. Sementara pada pilihan PTKIN II sebanyak 834 calon mahasiswa.

Loading...

“Namun yang diterima hanya 420 calon mahasiswa, sesuai dengan ketentuan kuota secara nasional untuk STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh,” kata Herman, Rabu, 4 Maret 2020.

Herman menyampaikan, pendaftaran mahasiswa baru melalui jalur SPAN PTKIN resmi ditutup pada 28 Februari 2020. Pengumuman akan dilakukan secara nasional pada 10 April 2020 dan pendaftaran ulang calon mahasiswa pada tanggal 13-24 April 2020.

“Calon mahasiswa yang mendaftar berasal dari berbagai daerah di Aceh dan luar Aceh, dengan pilihan sebelas program studi,” ujarnya.

Adapun pilihan calon mahasiswa pada masing-masing program studi, yaitu Pendidikan Agama Islam (PAI) 165 orang, Pendidikan Bahasa Arab (PBA) 38 orang, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) 132 orang, Manajemen Pendidikan Islam (MPI) 89 orang.

Hukum Ekonomi Syariah (HES) 187 orang, Hukum Pidana Islam (HPI) 41 orang, Perbankan Syariah (PSY) 278 orang, Hukum Tata Negara (HTN) 36 orang. Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) 70 orang, Ilmu Al-quran dan Tafsir (IAT) 24 orang dan Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) 25 orang.

Bagi calon mahasiswa yang tidak lulus atau tidak sempat mendaftar di jalur SPAN PTKIN, Herman menganjurkan untuk mendaftar melalui jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN), pada tanggal 15 April – 29 Mei 2020. Informasi pendaftaran dapat diakses pada laman website um-ptkin.ac.id atau staindirundeng.ac.id.

“Pada jalur UM-PTKIN, calon mahasiswa harus melakukan pembayaran saat mendaftar dan mengikuti seleksi ujian tulis,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Herman, STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh juga membuka pendaftaran calon mahasiswa baru melalui jalur Mandiri pada tanggal 15 Juni sampai dengan 10 Juli 2020.[]

 

 

WARTAWAN: MULIADI

EDITOR: REDAKSI

 

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *