PWNU Aceh Tanam 2.000 Pohon

oleh -33 views
PWNU Aceh tanam 2.000 pohon di hutan lindung, Ahad 29 Januari 2023. (BASAJAN.NET/NAT RIWAT)

BASAJAN.NET, Jantho- Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Aceh tanam 2.000 pohon di salah satu wilayah Kabupaten Aceh Besar, Ahad 29 Januari 2023.

Penanaman 2.000 pohon tersebut merupakan rangkaian kegiatan menyambut 1 Abad lahirnya Nahdlatul Ulama (NU) pada 16 Rajab 1444 H atau bertepatan 7 Februari 2023 mendatang.

Ketua PWNU Aceh, Faisal Ali mengungkapkan bahwa PBNU telah menginstruksikan kepada seluruh Pengurus Wilayah (PW) dan Pengurus Cabang (PC) di kabupaten/kota seluruh Indonesia untuk memperingati serta memeriahkan hari lahir 1 Abad Nahdlatul Ulama (NU) tahun 2023.

Penanaman 2.000 pohon tersebut juga sebagai kepedulian dalam mengatasi situasi dunia secara global yang saat ini tidak menentunya iklim yang diakibatkan oleh pemanasan global.

“Untuk itu NU juga harus ambil peran,” ujarnya.

Faisal Ali menambahkan, momentum 1 Abad NU in,  Pengurus Wilayah bersama seluruh kader berinisiatif untuk melakukan penghijauan dengan penanaman lebih kurang 2.000 pohon dengan harapan membuat masa depan dunia akan menjadi lebih baik, lebih subur dan lebih tangguh dalam menghadapi bencana alam.

Penanaman pohon tersebut dilakukan di wilayah Samahani Aceh Besar, yaitu wilayah yang dulu pada masa konflik Aceh menjadi basisnya Gerakan Aceh Merdeka (GAM), juga dipilih beberapa tempat lain sebagai alternatif.

Hal tersebut sebagai upaya dan ikhtiar Nahdlatul Ulama agar kesuburan terjadi dan jangan sampai semakin tandus yang membuat suasana pemanasan global dan bencana alam terus menghantui.

Ia menyadari bahwa hal tersebut tidak banyak yang dapat kita lakukan, tetapi walaupun hanya 2.000 pohon yang ditanam, di sini NU ingin berperan serta dapat meninggalkan sesuatu yang bermanfaat bagi dunia dalam kontek penghijauan, dalam rangka mengantisipasi suasana pemanasan dan cuaca yang tidak menentu di masa mendatang.

Ketua Panitia, Iskandar Zulkarnaen mengatakan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pihak terkait untuk melakukan aksi sosial warga Nahdlatul Ulama Aceh untuk melakukan penanaman pohon yang dipusatkan pada Lahan Hutan Lindung Samahani, Gampong Lam Ara Tunong, Samahani Aceh Besar.

Pohon-pohon tersebut merupakan bantuan dari kerjasama antara PBNU dengan Kementerian Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI dalam program penanaman 10 Juta pohon akhir tahun 2022 lalu.

Kegiatan tersebut kata Iskandar, dilakukan secara bersama yang hadiri Pengurus Wilayah NU Aceh, para ketua, sekretaris dan bendahara Pengurus Cabang Kabupaten/Kota, anggota badan otonom, lembaga dan lajnah, serta warga NU Aceh lainnya. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.