Pasi Mesjid Jadi Target Pilot Project Gampong Binaan STAIN Meulaboh

oleh -51 views
Pasi Mesjid Jadi Target Pilot Project Gampong Binaan STAIN Meulaboh
Ketua STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Inayatillah pada penutupan pengabdian kepada masyarakat di balai desa Pasi Mesjid, Kecamatan Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Rabu, 30 November 2022. (BASAJAN.NET/MUAWAL).

BASAJAN.NET, Meulaboh- Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Teungku Dirundeng Meulaboh, menargetkan Pasi Mesjid sebagai pilot project gampong binaan. 

Hal itu disampaikan Ketua STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Inayatillah pada penutupan pengabdian kepada masyarakat di balai desa Pasi Mesjid, Kecamatan Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Rabu, 30 November 2022.

Inayatillah mengatakan, ke depan, kegiatan pembinaan dapat difokuskan pada Community Based Research (CBR).

Program tersebut nantinya lebih ditekankan pada kebutuhan masyarakat dan menggali potensi gampong

“Jadi perguruan tinggi tidak hanya mencerdaskan mahasiswa, tetapi juga masyarakat,” ujar Inayatillah.

Ia melanjutkan, progran desa binaan yang telah dijalankan sejak 28 Oktober hingga 28 November 2022, menjadi stimulus untuk kegiatan yang lebih kreatif ke depan.

“Kegiatan sebulan ini kita anggap sebagai salam perkenalan. Ke depan, kita rencanakan dengan lebih matang sesuai dengan target yang kita harapkan,” ucapnya. 

Inayatillah menambahkan, jika Gampong Pasi Mesjid membutuhkan pembinaan dalam perencanaan pembangunan dan pengembangan, STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh siap memberikan pendampingan.

Ia berharap, program desa binaan yang dilakukan Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh dapat diteruskan dan dikembangkan aparatur gampong. 

Sementara itu, Keuchik Pasi Mesjid, Rustam berharap, program desa binaan yang digalakkan STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh dapat berlanjut. 

“Semoga bersama STAIN Meulaboh, gampong ini lebih maju dan mandiri berlandaskan syariat Islam,” harapnya.

Ketua Panitia, Dar Kasih dalam laporannya menyampaikan, kegiatan yang telah terlaksana di antaranya, majelis taklim, buta aksara, pengajian khatib, pelatihan pidato bagi anak-anak.

Pemetaan potensi desa, workshop gender dan anak, pelatihan pembuatan website desa, serta pendampingan PAUD.[]

======================

PENULIS: MELLYAN

EDITOR: JUNAIDI MULIENG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.