Nazhir Kunci Keberhasilan Wakaf 

oleh -73 views
Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nagan Raya, Samhudi pada kegiatan pembentukan dan pemilihan pengurus Forum Nazhir Nagan Raya, Jumat 27 Oktober 2023. (BASAJAN.NET/RAHMAT TRISNAMAL)

BASAJAN.NET, Suka Makmue- Keberhasilan wakaf sangat ditentukan bagaimana seorang nazhir dalam mengelola dan memproduktifkan aset wakaf dengan baik.

“Maka pilihlah nazhir yang memiliki wawasan keagamaan dan kewirausahaan,” ujar Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nagan Raya, Samhudi.

Hal tersebut disampaikan Samhudi pada kegiatan pembentukan dan pemilihan pengurus Forum Nazhir Wakaf Kabupaten Nagan Raya, Jumat (27 Oktober 2023) di aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nagan Raya.

Samhudi menyebutkan, saat ini banyak aset tanah wakaf yang tidak diproduktifkan dan juga banyak yang belum disertifikasi. Hal itu menjadi tugas nazhir dalam mensertifikatkan dan memproduktifkan potensi tanah wakaf dengan baik agar dapat menghasilkan.

“Contohlah nazhir wakaf yang telah berhasil memproduktifkan wakaf. Seperti di Bener Meriah yang memproduktifkan tanah wakaf dengan menanam kopi,” tambahnya.

Menurut Samhudi, setiap wakif yang mewakafkan hartanya pasti memiliki harapan agar dapat dikelola dan hasilnya dapat membantu untuk umat. 

Sebab, jika tidak dikelola, pahalanya hanya sebatas memberikan wakaf saja, akan tetapi  jika diproduktifkan dan hasilnya dimanfaatkan untuk kemaslahatan umat, maka pahalanya akan terus mengalir kepada wakif.

“Jika ini dilakukan, maka akan banyak wakif yang mewakafkan hartanya,” jelasnya.

Samhudi berharap, dengan terbentuknya Forum Nazhir Wakaf di Kabupaten Nagan Raya, dapat mengamankan seluruh aset tanah wakaf dengan baik dan seluruh aset yang terbengkalai dapat dijadikan sebagai wakaf produktif.

Sementara itu, Penyelenggara Zakat dan Wakaf Taufiq berpesan, forum nazhir wakaf dapat dijadikan sebagai forum diskusi, kolaborasi dan saling membantu sesama nazhir. Forum nazhir wakaf diharapkan dapat mengkoordinir seluruh aset wakaf yang ada di Kabupaten Nagan Raya, sehingga aset wakaf tidak ada yang terbengkalai.

Adapun pengurus Forum Nazhir Wakaf periode 2023/2027 terpilih yaitu, sebagai ketua umum dijabat oleh Imam Fuadi dari Kecamatan Seunagan Timur. Wakil Ketua, Abdul Samad dari Kecamatan Kuala Pesisir. Sekretaris, Abdul Mujala dari Kecamatan Seunagan dan Bendahara, Yuslinawati dari Kecamatan Darul Makmur.

Turut disaksikan oleh Ketua BWI Nagan Raya, Saidon Hamzah, dan Kepala Seksi Bimas Islam Kankemenag Nagan Raya, Basir.[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.