Minat Baca Masyarakat Aceh Barat Meningkat

oleh -262 views
Ilustrai pelayanan perpustakaan | Foto: basajan.net

Meulaboh- Minat baca masyarakat Kabupaten Aceh Barat terus meningkat. Hal ini terlihat dari jumlah pengunjung di perpustakaan daerah, setiap harinya. Demikian disampaikan Maulidarni, petugas perpustakaan setempat, Selasa, 7 Maret 2017.

Menurutnya, pengunjung Perpustakaan Daerah Kabupaten Aceh Barat didominasi oleh kalangan mahasiswa dan pelajar. Dengan jumlah pengunjung tiap harinya 60 orang dan rata-rata peminjam 25 orang.

“Referensi yang tersedia saat ini berjumlah 45.901 buku. Anggota tetap yang terdaftar 6,788 orang. Pada tahun 2016, total pengunjung mencapai 25.341 orang,” ungkapnya.

Maulidarni menambahkan, untuk memperkaya sumber referensi bagi masyarakat, tiap dua tahun sekali, Perpustakaan Daerah Kabupaten Aceh Barat mendapatkan tambahan buku dari Perpustakaan Nasional.

Ia melanjutkan, untuk menjadi anggota perpustakaan daerah, para pengunjung wajib mengisi formulir dan melengkapi sejumlah persyaratan. Tiap anggota, diperbolehkan meminjam minimal tiga bahan bacaan. Dengan durasi peminjaman, satu minggu.

“Apabila ada anggota yang melanggar aturan atau buku hilang, maka diberi skor tidak diperbolehkan meminjam buku selama dua minggu atau sebulan,” tegasnya.

Perpustakaan daerah Kabupaten Aceh Barat tak hanya fokus dalam memberikan pelayanan semata, namun juga aktif melakukan kegiatan-kegiatan untuk menggalakkan minat baca masyarakat.

“Setiap tahun, kami mengadakan lomba bercerita bagi para siswa tingkat Sekolah Dasar dan memilih duta baca bagi para pelajar tingkat Sekolah Menengah Atas dan perguruan tinggi,” pungkasnya.**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *