Mahasiswa KPI STAIN Meulaboh Dibekali Budaya Kerja Era 4.0

oleh -21 views
Mahasiswa KPI STAIN Meulaboh Dibekali Budaya Kerja Era 4.0
Mahasiswa Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh mengikuti pembekalan magang di kampus setempat, Senin, 04 Oktober 2021. (BASAJAN.NET/REDAKSI).

BASAJAN.NET, Meulaboh- Sejumlah mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), Jurusan Dakwah dan Komunikasi Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Teungku Dirundeng Meulaboh, dibekali etos dan budaya kerja era 4.0.

Kegiatan yang berlangsung di aula kampus setempat, Senin, 04 Oktober 2021 itu, guna menyiapkan mahasiswa yang akan menjalani magang pada sejumlah instansi di Aceh Barat.

Acara tersebut dilaksanakan secara tatap muka dengan menerapkan protokol Kesehatan, diikuti 37 mahasiswa angkatan 2018.

Ketua Jurusan Dakwah dan Komunikasi Islam, Azhari dalam arahannya menyampaikan, Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) atau magang, tidak hanya sekedar untuk memenuhi kewajiban studi. Namun lebih dari itu, untuk mengaplikasikan teori yang sudah didapatkan selama kuliah. 

Azhari berharap, dengan adanya pembekalan tersebut, seluruh peserta magang benar-benar memahami, dan mampu beradaptasi dengan dunia kerja nantinya, khususnya di era digital 4.0.

“Jaga nama baik kampus dan dedikasikan diri anda sebaik-baiknya,” pesannya.

Pembekalan yang berlangsung setengah hari, diisi oleh tiga pemateri yaitu, Andi Sayumitra dari Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Barat, Nurul Fahmi dari Basajan.net dan Junaidi dosen Prodi KPI.

Andi Sayumitra, dalam paparannya menyampaikan, mahasiswa harus mampu beradaptasi di dunia kerja pada era digital saat ini. Di era teknologi digital hari ini, banyak muncul pekerjaan yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan.

Terlebih, kata Andi, saat ini masyarakat sudah menerapkan teknologi digital di berbagai aspek kehidupan mereka yang akan memudahkan untuk mendapatkan pekerjaan. Namun hal tersebut tak terlepas dari kejelian dalam membaca peluang yang tersedia.

“Tidak harus menjadi seorang pegawai negeri sipil,” ujarnya.

Usai mengikuti pembekalan, keseluruhan mahasiswa nantinya akan ditempatkan pada tujuh lembaga pemerintah dan swasta sejak 5 Oktober hingga 12 November 2021.

Adapun lembaga-lembaga yang dijadikan tempat magang mahasiswa yaitu, STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Barat, Basajan.net, DPRK Aceh Barat, Kemenkominfo Aceh Barat, Kementerian Agama Aceh Barat, dan LPP RRI Aceh Barat. []

—————————————————

Penulis: Oka Rahmadiyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.