Lahan Gambut di Aceh Barat Kembali Terbakar

oleh -223 views
Kobaran api yang membakar lahan gambut di kawasan Kecamatan Kaway XVI. Foto direkam Senin, 23 Oktober 2017. Basajan.net/Enda

Meulaboh- Kebakaran lahan gambut yang terjadi sejak empat hari terakhir di Kabupaten Aceh Barat, mengakibatkan kawasan tersebut diselimuti kabut asap.

Menurut pantau wartawan Basajan.net, Senin 23 Oktober 2017, di Gampong Peunia, Kecamatan Kaway XVI, dari siang hingga malam hari, warga dibantu TNI dan Polisi masih berusaha memadamkan api yang terus menjalar ke lahan warga.

Akibat kebakaran lahan gambut tersebut, kabut asap mulai menyelimuti kawasan tersebut. Kabut asap juga terlihat di Meulaboh, ibu kota Kabupaten Aceh Barat. Meski demikian, warga sekitar lokasi kebakaran, masih tetap tenang dan bertahan di rumah masing-masing.

Seketaris BPBD Aceh Barat, Edison mengatakan, kebakaran hutan dan lahan terjadi akibat kurangnya kesadaran masyarakat saat membersihkan lahan, dengan cara membakar.

Ia menjelaskan, pihak BPBD sudah melakukan pengerahan armada pemadam kebakaran dan pemantauan udara menggunakan drone, serta mengirim bantuan mesin pompa air dan petugas.

Namun ia mengaku, pihaknya kesulitan melakukan pemadaman karena sumber air terlalu jauh dari lokasi kebakaran, sehingga memperlambat proses pemadaman. Selain itu, mobil pemadam kebakaran juga sulit mengakses titik api karena jalan ke lokasi sempit.

Sementara itu Kalpores Aceh Barat, melalui Kasat Reskrim Fitriadi, mengungkapkan, pihaknya telah mengamankan lima warga untuk dimintai keterangan lebih lanjut, terkait kejadian tersebut.

”Bukan ditangkap, tapi kita menggali informasi untuk melihat sejauh mana keterlibatan mereka dalam kebakaran itu,” ungkapnya.[]

Editor: Nurul Fahmi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *