Kabakaran Hutan, Kabut Asap Selimuti Meulaboh

oleh -257 views

Foto: kebakaran hutan/ republika.co

Meulaboh- Kabut asap menyelimuti Kota Meulaboh, Aceh Barat, akibat kebakaran hutan dan lahan beberapa hari terakhir. Tercatat ada 60 hektare lahan terbakar. 

Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) menyatakan, api berasal dari lahan yang dibakar warga untuk membuka perkebunan. Api mudah menyebar lantaran musim kemarau.

“Hingga kemarin, 60 hektare lebih lahan yang terbakar,” ujar Kepala BPBA Yusmadi, di Banda Aceh, Senin (24/7) seperti dilansir dari Antara.

Titik api terlihat mulai dari pinggir jalan lintas nasional di kawasan pesisir pantai barat, hingga kawasan hutan.

Yusmadi mengatakan, di Aceh Barat masih ada warga yang secara tradisional membakar lahan untuk dijadikan lahan pertanian. Warga membakar daun dan ranting kering, agar lahan bersih dan bisa ditanami. Karena sedang musim kering, api merembet dengan cepat dan membakar area hutan yang lebih luas.

“Ini ulah masyarakat, bukan koorporasi,” ujarnya.

Untuk memadamkan api, helikopter bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan didatangkan. Namun hal tersebut belum bisa dipastikan, karena helikopter yang didatangkan dari wilayah terdekat, Riau, masih disiagakan untuk bencana kebakaran hutan yang juga kerap melanda wilayah tersebut.

Yusmadi mengaku telah menginformasikan ke BNPB bahwa titik api di wilayah Aceh terus bertambah. Upaya pemadaman telah dilakukan, namun titik api terus muncul.[] sumber: antara, cnn

Editor: Junaidi Mulieng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *