Kerukunan Umat Beragama Modal Majunya Bangsa

oleh -107 views
IMG 20210105 164623 compress54
Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, Khairul Azhar membaca Naskah Pidato Menteri Agama pada Upacara Memperingati HAB ke 75 Kementerian Agama, Selasa 5 Januari 2020. (BASAJAN.NET/RAHMAT TRISNAMAL)

BASAJAN.NET, Meulaboh- Semangat Nasional menempatkan kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa untuk maju. Tanpa kerukunan, akan sukar menggapai cita-cita besar bangsa agar sejajar dengan bangsa lain di dunia.

Hal tersebut disampaikan Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas melalui pidatonya yang dibacakan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, Khairul Azhar pada upacara Hari Amal Bakti (HAB) ke-75 Kementerian Agama Tahun 2021 di halaman Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, Selasa 5 Januari 2021.

Loading...

Khairul membacakan, pengembangan toleransi dan kerukunan umat beragama merupakan karya bersama para tokoh agama, para Menteri Agama dan aparatur Kementerian Agama dari masa ke masa. Toleransi dan kerukunan antar umat beragama dilakukan tanpa mengusik akidah dan keimanan masing-masing pemeluk agama.

“Tanpa toleransi, tidak ada kerukunan,” tambahnya.

Ia menambahkan, di negara yang berdasarkan pancasila tersebut, semua umat beragama dituntut untuk saling menghormati hak dan kewajiban masing-masing, di mana hak seseorang dibatasi oleh hak-hak orang lain.

Pancasila menjadi ideologi pemersatu yang merangkum nilai-nilai keindonesiaan sebagai bangsa beragama. Sila pertama pancasila, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa, meneguhkan identitas nasional sebagai bangsa yang beragama dan bermoral.[]

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *