Kemenag Usung Tiga Pilar Semangat Baru

oleh -128 views
IMG 20210105 225146 compress94
Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, Khairul Azhar membacakan naskah pidato Menteri Agama pada upacara memperingati Hari Amal Bakti (HAB) ke 75 Kementerian Agama, Selasa 5 Januari 2021. (BASAJAN.NET/RAHMAT TRISNAMAL)

BASAJAN.NET, Meulaboh- Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia mengusung tiga pilar semangat baru sebagai kunci dalam mengelola lembaga. Ketiga pilar tersebut yaitu, manajemen pelayanan dan tata kelola birokrasi, moderasi beragama, serta persaudaraan.

Hal tersebut sebagaimana amanat Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, dalam pidatonya yang dibacakan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, Khairul Azhar, pada upacara Hari Amal Bakti (HAB) ke-75 Kementerian Agama, di halaman kantor Kemenag setempat, Selasa, 5 Januari 2021.

Loading...

Dari segi manajemen pelayanan dan tata kelola birokrasi, Kemenag harus mampu melakukan peningkatan layanan disemua bidang. Mulai dari penyelenggaraan haji dan umrah, pendidikan agama dan keagamaan, hingga pusat pelayanan keagamaan.

Terkait dengan moderasi beragama, salah satu penekanan adalah pada penguatan literasi keagamaan, budaya toleransi dan nilai-nilai kebangsaan. Sedangkan persaudaraan, meliputi merawat persaudaraan umat seagama, memelihara persaudaraan sebangsa dan setanah air dan mengembangkan persaudaraan kemanusiaan.

Serahkan Penghargaan

Usai melaksanakan upacara, Kantor Kementerian Agama juga menyerahkan berbagai penghargaan dan bantuan, di antaranya Penyematan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya kepada PNS secara simbolis. Penyerahan Penghargaan Madrasah Terbaik Tingkat MI, MTs dan MA.

Selanjutnya penyerahan Penghargaan Kepala Madrasah Berdedikasi. Penghargaan Pengawas Madrasah Kreatif dan Inovatif. Penghargaan Penghulu dan Penyuluh terbaik. Penghargaan Guru Madrasah Inovatif dan Berdedikasi. Penghargaan Pengawas Pendidikan Agama Islam (PAI) Juara II LKTI Tingkat Provinsi Aceh.

Kemudian Penghargaan Guru PAI terbaik. Penghargaan Bendahara Madrasah terbaik. Penghargaan ASN Kreatif dan Inovatif. Penghargaan Pramubakti Kreatif dan Inovatif. Penghargaan Operator KUA, Madrasah dan Pondok Pesantren Terbaik. Penghargaan Madrasah Pelaporan Terbaik. Penyerahan Sertifikat Wakaf Tunai. Penyerahan Beasiswa untuk Yatim Piatu dari dana Mauquf Alaih Wakaf Tunai, dan Penghargaan Pembinaan KSM Online Tingkat Provinsi Aceh.

Selain itu, Kantor Kementerian Agama juga mengunjungi dan menyerahkan paket sembako kepada tiga Panti Asuhan, yaitu Panti Asuhan Muhammadiyah, SOS Children’s Village Meulaboh, dan Dayah Tahfidz Annisa’ PKPU Human Initiative Aceh Barat. []

 

 

WARTAWAN: RAHMAT TRISNAMAL

EDITOR: JUNAIDI MULIENG

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *