Kemenag Aceh Seleksi Calon Petugas Haji 2023

oleh -42 views
Peserta seleksi Calon PPIH Kloter dan Arab Saudi Tahun 1444H/2023M mengikuti CAT, Rabu 25 Januari 2023. (BASAJAN.NET/RAHMAT TRISNAMAL)

BASAJAN.NET, Meulaboh- Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh menyeleksi calon petugas pelayanan haji (PPIH) kloter dan Arab Saudi tahun 1444H/2023M, Rabu 25 Januari 2023.

Seleksi tersebut dilakukan secara serentak di masing-masing kabupaten/kota di seluruh Aceh dengan menggunakan Computer Assisted Test (CAT). Di Kabupaten Aceh Barat pelaksanaan seleksi berlangsung di aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat.

Ketua Panitia Seleksi PPIH Kabupaten Aceh Barat, Tharmizi mengatakan, seleksi Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) kloter dan Arab Saudi tersebut dilaksanakan secara serentak di seluruh Kabupaten/kota se  Provinsi Aceh secara online melalui Computer Assisted Test (CAT).

Di Aceh Barat, dari 13 Aparatur Sipil Negara (ASN)  yang mendaftar dan memenuhi syarat administrasi, hanya 12 peserta yang hadir mengikuti ujian, dan 1 peserta lainnya tidak hadir karena alasan penting.

Tharmizi menambahkan, pelaksanaan tes sesi I mengalami permasalahan aplikasi, hanya 4 peserta yang dapat melaksanakan ujian secara penuh, sementara 8 peserta lainnya tidak dapat masuk dan waktu yang diberikan sangat sedikit kurang dari 30 menit.

“Peserta yang tidak bisa masuk dan mendapatkan waktu ujian di bawah 30 menit pada sesi I, diseleksi ulang pada sesi II,” tambahnya.

Selain itu, Tharmizi menambahkan, peserta yang lolos seleksi tingkat kabupaten/kota nantinya akan kembali mengikuti seleksi di tingkat provinsi. Perwakilan Aceh Barat yang mengikuti seleksi tingkat provinsi sebanyak 4 peserta, terdiri dari 1 peserta calon ketua kloter, 1 peserta calon pembina ibadah, dan 2 orang PPIH Arab Saudi.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, Samsul Bahri mengatakan, pelaksanaan ibadah haji tahun 1444H/2023M memprioritaskan jamaah haji lanjut usia (lansia) diatas 65 tahun.

Oleh karenanya, bagi peserta yang lolos seleksi nantinya, harus benar-benar bekerja secara ekstra untuk menjaga dan melayani tamu Allah SWT dengan baik, serta harus menjadi petugas yang andal dan membanggakan.[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.