Kemenag Aceh Barat Luncurkan Program Wakaf Jitu

oleh -111 views
Launching Wakaf Berjangka “Waktu” Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, Selasa 24 Mei 2022. (BASAJAN.NET/RAHMAT TRISNAMAL)

BASAJAN.NET, Meulaboh- Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat meluncurkan wakaf jitu. Hal tersebut dilakukan oleh Kepala Bidang Pendidikan Agama Islam (PAI) Kantor Wilayah Kementerian Agama Aceh, Khairul Azhar di MTsN 5 Aceh Barat, Selasa 24 Mei 2022.

Turut disaksikan oleh Kasubbag Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, Suhadi. Penyelenggara Zakat dan Wakaf, Furqan. Kepala KUA Woyla, Yusman Ali. Kepala MTsN 5 Aceh Barat, dan seluruh ASN Kemenag di wilayah Woyla.

“Alhamdulillah secara perdana kita sudah meluncurkan program wakaf jitu,” ungkap Kabid PAI Kanwil Kemenag Aceh, Khairul Azhar, Sabtu 28 Mei 2022.

Khairul menjelaskan, wakaf jitu merupakan wakaf berjangka benda tidak bergerak berupa pohon produktif yang sudah berbuah dan sudah dapat dipanen, seperti kelapa, pohon kelapa sawit, pohon pinang, durian, rambutan dan pohon produktif lainnya.

Ia menambahkan, projek aksi perubahan tersebut merupakan tindak lanjut Diklat Kepemimpinan Administrator Angkatan VI ketika masih menjabat sebagai Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat sejak 24 Februari 2022 lalu.

Khairul berharap, program tersebut akan terus dikembangkan, baik bagi ASN di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat khususnya, dan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Aceh Barat pada umumnya sebagai tujuan jangka panjang pada program ini.

Menurutnya, sebelumnya sistem wakaf berjangka/wakaf pohon juga sudah dilakukan oleh masyarakat Aceh Barat, namun belum tersistem dengan baik dan belum ada petunjuk teknis secara tertulis.

Dalam upaya mengembangkan program wakaf berjangka, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat melalui tim efektif dan tim pengelola telah melakukan sosialisasi di beberapa wilayah kerja, yaitu di wilayah Kaway XVI raya meliputi kecamatan Kaway XVI, Pante Ceureumen, Panton Reu dan Sungai Mas.

Kemudian wilayah Samatiga raya meliputi, kecamatan Samatiga, Arongan Lambalek dan Bubon. Wilayah Woyla raya meliputi kecamatan Woyla, Woyla Barat dan Woyla Timur, serta wilayah Johan Pahlawan dan Meureubo.[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.