Kemenag Aceh Barat Luncurkan GETBA Alquran Bagi Siswa

oleh -156 views
Sekda Aceh Barat, Marhaban didampigi oleh Plh Kepala Kankemenag Aceh Barat, Khairul Azhar dan para kasi pada peluncuran GETBA Alquran Aceh Barat tahun 2023. (BASAJAN.NET/ISTIMEWA)
Sekda Aceh Barat, Marhaban didampigi oleh Plh Kepala Kankemenag Aceh Barat, Khairul Azhar dan para kasi pada peluncuran GETBA Alquran Aceh Barat tahun 2023. (BASAJAN.NET/ISTIMEWA)

BASAJAN.NET, Meulaboh- Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat meluncurkan program Gerakan Tuntas Baca (GETBA) alquran bagi siswa sekolah umum dan madrasah.

Peluncuran tersebut dilakukan oleh Penjabat Bupati Aceh Barat, diwakili oleh Sekretaris Daerah, Marhaban yang ditandai dengan penyerahan 1.055 unit alquran kepada guru PAI dan Guru Madrasah Aceh Barat  di aula Yayasan Al-Azhar Meulaboh, Selasa 28 Maret 2023.

Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, Suhadi mengatakan, Gerakan Tuntas Baca (GETBA) alquran tersebut bertujuan untuk meningkatkan indeks kemampuan baca alquran di kalangan siswa sekolah umum jenjang  TK, SD, SMP, SMA dan SMK dan madrasah jenjang RA, MI, MTs maupun MA.

Suhadi menjelaskan, alquran yang distribusikan tersebut merupakan wakaf yang dikumpulkan dari keluarga besar Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, guru pendidikan agama Islam dan masyarakat oleh penggerak GETBA Alquran Aceh Barat tahun 1444 H/2023 M, yang dimotori oleh Seksi Pendidikan Agama Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat.

“Semoga di momentum Ramadhan 1444 H ini, indeks kemampuan baca alquran akan jauh lebih baik dibandingkan dari tahun sebelumnya,” harapnya.

Selain itu, Suhadi juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dan mendukung suksesnya program gerakan tuntas baca (GETBA) alquran di Kabupaten Aceh Barat, sehingga pelaksanaan program tersebut berjalan dengan baik.

Sementara itu, Plh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, Khairul Azhar menyampaikan, program Gerakan Tuntas Baca (GETBA) alquran merupakan program Direktur Jenderal (Dirjen) Kementerian Agama RI yang disosialisasikan pada tahun 2022 lalu.

Ia menambahkan, saat ini Kabupaten Aceh Barat menjadi satu-satunya kabupaten/kota yang menindaklanjuti Gerakan Tuntas Baca (GETBA) alquran dengan menyalurkan 1.000 unit alquran untuk sekolah umum dan madrasah, yang melibatkan guru penggerak dari unsur guru pendidikan agama Islam dan guru madrasah.

Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Barat, Marhaban mengapresiasikan dan menyambut baik atas inisiasi pelaksanaan program gerakan baca tuntas alquran dalam bulan suci ramadhan, dengan harapan dapat menjadi langkah bersama untuk meningkatkan kemampuan baca tulis alquran bagi siswa di Kabupaten Aceh Barat.

Menurutnya, gerakan baca tuntas alquran menjadi langka yang sangat efektif untuk mendorong literasi alquran. Sehingga indeks siswa tidak tuntas baca alquran di Kabupaten Aceh Barat menjadi nol persen, sesuai dengan target yang ditetapkan.

Ia berharap, program tersebut dapat memotivasi guru pendidikan agama Islam dalam mengajar peserta didik dalam membaca dan memahami alquran semakin meningkat. Sebab, peran guru pendidikan agama Islam sangat penting, terutama dalam menggiatkan dan menggalakkan baca tulis alquran kepada peserta didik.

Selain itu, keberhasilan program gerakan baca alquran juga bukan hanya menjadi tanggung jawab guru pendidikan agama Islam saja, namun juga menjadi tanggung jawab semua pihak, agar dapat berjalan optimal, sekaligus menjadi langkah mendukung program pemerintah dalam memberantas buta huruf alquran, serta membentuk karakter siswa yang berakhlak mulia.[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.