Kemenag Aceh Barat Luncurkan Aplikasi Zakat dengan QR Code

oleh -136 views
IMG 6295 1 01 1258x839

BASAJAN.Net, Meulaboh- Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Aceh Barat melakukan inovasi pembayaran zakat, sedekah, dan infak. Bekerjasama dengan Bank Syariah Mandiri (BSM), Kankemenag Aceh Barat meluncurkan pembayaran zakat, sedekah dan infak berbasis Quick Response Code (QR Code).

QR Code bertujuan mempermudah penyaluran zakat yang selama ini dikelola oleh Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Al-Ikhlas Kankemenag Aceh Barat.

Loading...

Kepala Kankemenag Kabupaten Aceh Barat, Khairul Azhar, usai apel bersama di halaman Kankemenag setempat, Senin 18 Maret 2019, mengatakan program penyaluran zakat dengan menggunakan sistem QR Code sudah direncanakan jauh hari, dengan tujuan mempermudah transaksi yang akan dilakukan oleh penyalur zakat di Kankemenag setempat.

Menurut Khairul Azhar, QR Code tak hanya dimanfaatkan untuk menyalurkan zakat, sedekah dan infaq, tapi juga untuk berbelanja.

“Untuk penyaluran zakat, UPZ Al Ikhlas sudah menyediakan QR Code yang dapat mempermudah dalam bertransaksi,” ujarnya di hadapan pejabat Kankemenag, BSM dan peserta apel.

Ia menjelaskan, zakat yang telah dikumpulkan oleh UPZ Al Ikhlas Kankemenag Kabupaten Aceh Barat nantinya akan disalurkan langsung ke Baitul Mal Aceh Barat.

Sementara itu Area Manager BSM Aceh, Firmansyah mengatakan, transaksi menggunakan QR Code dapat mempermudah nasabah dalam bertransaksi dengan menscan QR Code yang telah disediakan.

BSM akan terus berinovasi untuk memberikan pelayanan maksimal kepada nasabah dengan menggunakan sistem yang bersumber dari Alquran dan Sunnah.

“Kita akan membuktikan kepada seluruh umat bahwa perbankan Syariah dapat berkembang dengan baik,” ucapnya.

QR Code zakat, sedekah dan infak dapat digunakan dengan mengaktifkan aplikasi BSM Banking dan menggunakan fitur QR Pay.

Selain QR Code UPZ Al Ikhlas, pada kesempatan yang sama juga diluncurkan QR Code untuk transaksi di Kantin Ukhwah Kankemenag Aceh Barat. Cukup membayar Seribu Rupiah, pemilik aplikasi bisa mendapatkan satu cangkir kopi dan dua kue. []

 

WARTAWAN: RAHMAT TRISNAMAL
EDITOR: JUNAIDI MULIENG

 

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *